Wanita Berkarya, Mengapa Tidak?

Wanita dengan tanpa melupakan kodratnya, saat ini sudah banyak yang menunjukkan karyanya ke permukaan. Banyak dari mereka bahkan menempati posisi strategis diberbagai instansi. Artinya apa? keberadaan mereka tidak bisa di pandang sebelah mata. Bahkan kita patut berbangga, pernah mempunyai Presiden perempuan. Ibu Megawati Soekarnoputeri. Saya banyak mengagumi tokoh perempuan yang karyanya begitu nyata. Sebut saja Ibu Sri Mulyani, Managing Director World Bank, Martha Tilaar pemilik Sariayu, Prita Kemal Gani pemilik London School of Public Relations, banyak juga wanita di sekitar saya yang sangat inspiratif dengan karya masing-masing. Ada teman-teman di kelompok TDA Perempuan Bekasi, ada grup Embak Ceria, Kumpulan Emak Blogger, Blogger Perempuan dan masih banyak lagi.

Seperti misalnya saya yang tergabung dengan embak hebat lainnya di Embak Ceria. Kami berada di berbagai kota bahkan negara tapi kami saling mensupport satu sama lain. Selain ngeblog, kami juga mempunyai aktifitas masing-masing. Salah satu sosok yang menginspirasi saya adalah Mb Indah Nuria. Mb Indah saat ini bermukim di New York, Amerika Serikat karena tugas pekerjaannya di Kantor PBB. Ish keren banget. Selain sibuk dengan pekerjaannya, Mb Indah juga merupakan breast cancer survivor yang banyak sharing melalui blognya untuk memberi semangat pada yang lainnya. Mama dari Bo dan Obi ini juga masih menyempatkan waktu untuk mengantarkan anak ke sekolah, memasak dan bermain dengan buah hatinya.

foto sama Mb Indah dkk waktu ABFI. sumber : fb mb indah

foto sama Mb Indah dkk waktu ABFI. sumber : fb mb indah

Mb Indah ini sangat suka dengan warna ungu. Purple lover banget deh hehe. Saya pertama kali bertemu dengannya adalah ketika acara ASEAN Blogger di Solo tahun 2013. Saat itu, Mb Indah bertindak sebagai MC dan juga pengisi salah satu materi dimana saat itu saya menyimak materinya. Saya terpana, Mb Indah pintar namun tetap humble sampai-sampai saya speechless dan malah ga ngajak ngobrol lebih lanjut heuheu. Pokoknya, di grup wa kami, Mb Indah selalu memberi semangat dan juga quiz xiixix. Mb Indah ini menjadi salah satu sosok wanita berkarya yang saya kagumi. Banyak juga yang lain, yang alhamdulillah saya bisa kenal langsung seperti Mb Ollie, Mb Mira Sahid, Mb Shinta Ries, Mb Vera Makki dan masih banyak lagi. Saya melihat setiap wanita bisa berkarya, tidak ada karya yang kecil. Semua berkontribusi, semua peran turut andil membangun negara ini. Berkarya tidak mesti dilakukan di luar rumah. Banyak juga wanita yang tetap bisa berkarya dari rumah, jadi ga ada alasan kan? Bahkan istri Nabi Muhammad SAW. Khadijah dikenal sebagai pedagang yang ulang dan kaya raya karena usahanya.

Berikut beberapa tips ala-ala saya untuk wanita yang ingin berkarya :

  1. Tentukan minat dan pasion. Ya, coba gali potensi diri dimana kita bisa mengeluarkan performa terbaik. Jika belum ketemu passionnya, coba lakukan banyak hal atau list down sebanyak-banyaknya hal yang disukai kemudian eliminasi satu persatu sehingga tinggal menyisakan satu atau dua hal yang paling disukai.
  2. Tentukan target yang ingin diraih sesuai dengan passion yang dimiliki. Misalnya senang menulis, maka buatlah target seperti misalnya menulis buku, menulis blog dan jangan lupa sertakan langkah-langkah untuk mencapainya. Karena 1000 langkah selalu diawali dengan langkah pertama.
  3. Berteman dengan wanita inspiratif atau bergabung dengan komunitas dengan minat yang sama. Ya, dengan lingkungan yang supportif Insya Allah akan membuat kita lebih semangat memberi karya.
  4. Dokumentasi setiap karya. Ga maksud riya ya, tapi dengan kita mendokumentasikan prestasi atau karya akan membuat kita semangat membuat karya berikutnya.
  5. Fokus, konsisten dan pantang menyerah.

Nah, itu tips ala-ala saya, semoga bermanfaat ya! 🙂

 

 

 

 

 

 

3 comments

Leave a Reply