Tips Menulis yang Baik

Menulis adalah salah satu kegiatan yang sudah kita lakukan sejak kita mengenal baca tulis, yang diajarkan sejak kita duduk di bangku sekolah dasar bahkan beberapa di ajarkan sejak taman kanak-kanak. Meskipun demikian, apakah menjamin tulisan kita tersebut sudah baik? belum tentu. Inilah yang saya rasakan, mendapat pelajaran menulis ketika duduk di bangku sekolah, tidak serta merta membuat saya sudah bisa menulis dengan baik.

Atas dasar itulah, saya senang mengikuti kegiatan pelatihan atau workshop menulis. Salah satunya adalah dengan mengikuti kegiatan Fun Blogging yang salah satu materinya adalah “Writing Great Content” yang di bawakan oleh Mb Haya Aliya Zaki. Saya sudah cukup lama kenal dengan Mb Haya, meskipun kami jarang sekali bertemu. Saya ingat pertama kali bertemu dengan beliau di acara Jakarta Art Award sekitar tahun 2012.

Pagi itu, 19 Desember 2015, saya berangkat menuju lokasi acara di Gratia Center, Pondok Pinang. Sekitar satu jam, saya tiba di lokasi. Untungnya pagi itu jalan tol lancar. Saya tiba, ketika acara sedang di buka oleh perwakilan dari IWITA yang menjadi salah satu sponsor acara Fun Blogging. Acara kemudian memasuki sesi inti yaitu materi pertama tentang Writing Great Content. Namun sebelum mulai, kami diminta untuk menulis impian materi dari ngeblog dengan tangan kiri, dan ini impian saya 🙂

Impian

Impian

Berikut beberapa tips menulis yang baik yang saya dapatkan dari Mb Haya :

  • Menulislah yang menyentuh kehidupan sehari-hari. Misal kita ga suka kucing, ya sebaiknya tidak menulis tentang kucing.
  • Blogger hidupnya dari iklan, seperti media. Media banyak mati karena iklan banyak yang beralih ke media online yang exposurenya cepat dan tinggi. So, maksimalkan blog kita dengan konten yang baik.
  • Lomba mengasah kemampuan menulis dan mengasah jiwa sportifitas.
  • Networking lebih penting daripada skills? sama pentingnya. manjakan pembaca blogmu dengan foto, konten dan informasi.
  • Contents is king promotion is queen -Bob Mayer – Blogger butuh mesin pencari, tapi tetap butuh engagement dengan pembaca. Blogger menjadi acuan pembaca. tulislah paragraf pertamamu dengan perasaan, kemudian tulis ulang dengan pikiran.
  • Beberapa tips agar tulisan bertenaga : Jujur, sesuai dengan minat. Temukan ide atau gagasan unik. blogger yang baik adalah yang aware dengan hal-hal di sekitarnya. Kalau ada ide langsung di simpan, punya bank ide; Riset, sekarang ada kecenderung pembaca suka membaca tulisan yang mendalam yang terdiri dari 1000-1500 kata dan pembaca mendapat insight dari tulisan kita; Key massage merupakan kunci komunikasi, buang kalimat klise dan gunakan kalimat aktif serta hindari kalimat panjang (lebih dari 14 kata, sudah terlalu banyak koma, lebih dari 2 baris); EYD yang tidak membuat jadi kaku. Perhatikan tanda baca, huruf kapital. Banyak baca supaya diksi ga terbatas; Sampaikanlah dengan sederhana, asah rasa; Self editing, coba ucapkan kalimat yang di tulis, enak ga di dengar; Yang banyak dicari : Sharing pengalaman, berbagi tips, tutorial, aktual.
Mb Haya on Stage

Mb Haya on Stage

Mb Haya membawakan materi dengan bahasa sederhana dan mudah di mengerti. Semoga saya bisa menulis dengan lebih baik lagi. Sayang saya harus segera pulang, sehingga tidak bisa menyimak materi selanjutnya dari Teh Ani Berta dan Mb Shinta Ries. Mudah-mudahan di kesempatan berikutnya, masih di berikan kesempatan menimba ilmu langsung. Terima kasih semuanya. Benar-benar pengalaman yang berharga, apalagi setelah workshop kami di masukan ke dalam grup Facebook yang isinya adalah peserta yang sudah mengikuti fun blogging, dimana membernya sudah mencapai 200 orang lebih. Wow! saya jadi lebih semangat menulis nih apalagi saya punya impian materi dari blog ini! terima kasih semuanya 🙂

Wefie :)

Wefie 🙂

22 comments

  1. helni says:

    sangat bermanfaat apa yang telah didapat di workshop yang lalu ya mbak, salam kenal mbak sesama alumni fun blogging 8 .. 🙂

Leave a Reply