Tips Memilih Baju untuk Bayi

Salah satu yang menjadi faktor kenyamanan bayi sehari-hari adalah pakaiannya. Ya, jangan sampai baju yang kita pilihkan membuat bayi gelisah karena ga nyaman. Menjelang melahirkan Abin, saya membeli beberapa pakaian untuk Abin. Karena fungsi utamanya melindungi, maka faktor utama memilih baju bayi adalah kainnya lembut dan menyerap keringat. Apalagi kulit bayi kan masih sensitif ya. Beberapa pilihan merk saat itu adalah Fluffy, Velvet Junior, Carters dan Libby. Ada sih beberapa yang lain, tapi lupa merknya.

Baju nyaman, tidur nyenyak :)

Baju nyaman, tidur nyenyak 🙂

Berikut beberapa tips memilih baju bayi :

  • Perhatikan bahan : Hindari memilih bahan seperti parasut, jeans, sintesis, polyster karena cenderung panas dan membuat bayi cepat gerah. Kalo gerah, cenderung berkeringat dan mengundang banyak bakteri serta biang keringat. Pilih yang berbahan katun cukup, karena selain lembut, katun mampu menyerap keringat. Jangan juga yang luntur ya, zatnya bisa membahayakan bayi.
  • Model simple : Untuk baby newborn, sebaiknya jangan memilih model yang ribet. Pilihlah model baju bayi yang simple, longgar serta praktis, sehingga memakaikannya pun menjadi nyaman. Hindari yang banyak tali, karena takut terlilit. Hindari model yang membatasi ruang gerak anak. Jangan juga dengan sablon timbul yang hampir menutup seluruh area pakaian, bisanya jenis ini panas.
  • Membeli secukupnya : Ya, perkembangan bayi cukup pesat. Jadi sebaiknya beli secukupnya aja. Misal atasan pendek 1 lusin, celana pendek 1 lusin, celana dan baju panjang 1 lusin, baju kutang dll. Stttt.. biasanya nanti banyak dari kado juga loh:) nah, kalo udah di atas 4 bulan, beli yang ukuran agak besar ya, biar agak lama kepakenya (emak ogah rugi:p)
  • Sesuaikan dengan kondisi : Misal nih, waktu lahir Abin cuaca panas, jadi dia seringnya pake baju tangan pendek, Pas malam juga tangan pendek aja tapi celananya panjang. Nah, sekarang kan musim hujan jadi Abin kalo siangpun pake celana panjang, baju pendek. Seringnya sih kaos biasa. Malam, baju dan celana panjang. Nah, kalo ngemol biasanya pake kaos dan celana agak bagusan, siapa tau ada yang nakir. Lah :p. Kalo kondangan beda lagi, pake vest. Biar rada gaya dikit. Anak cowok katanya susah dimacem-macemin. Iya juga sih, jadi pengen punya anak cewek juga deh. Eh, sabar dulu ya, Abin kan masih kecil. Masih posesif banget sama emaknya. Kalo anak cewek itu lebih banyak pilihan pakaiannya, warnanya macem-macem. Bisa OOTD gitu. Bisa dipakein aksesoris juga. Nih contohnya Fira, anaknya Mb Astin Astanti. Lucu banget deh OOTD nya. Serba merahhh…
Fira, sumber : blog anakastinastanti.com

Fira, sumber : blog anakastinastanti.com

Abin siap kondangan:)

Abin siap kondangan:)

8 comments

  1. eda says:

    hallo abiiin… kenalan sama onti yuuk…

    baju anak2 mmg lucu2.. kalo emaknya lapar mata, bisa diborong membabi buta, apalagi baju anak cewek 😀

Leave a Reply