Sinergi Mass Market dengan Siswa Wirausaha

Usaha mass market yang terdiri dari usaha pensiunan, mikro, kecil dan kelompok usaha prasejahtera produktif mempunyai peranan yang penting dalam pembangunan ekonomi sebuah negara. Hal tersebut di karenakan menyerap tenaga kerja yang besar sehingga bisa memberdayakan masyarakat. Selain itu modal yang diperlukan yang lebih kecil dan sudah terbukti tahan terhadap goncangan ekonomi seperti krisis ekonomi yang terjadi tahun 1997 dan 2007. Padahal disaat yang sama banyak usaha besar yang mengalami kebangkrutan.

Sayangnya, usaha mass market masih dipandang sebelah mata karena skala produksi yang kecil dan belum mampu bersaing. PR pemerintah, pengusaha menengah&besar, sektor perbankan dan juga kita semua untuk lebih memberdayakan mass market. Pemberdayaan mass market merupakan langkah startegis untuk meningkatkan taraf hidup pelakunya. Hal tersebut bisa dimulai dari kita sendiri. Selain juga memberdayakan, banyak kebutuhan kita terbantu oleh mereka. Seperti misalnya, ketika pagi saya butuh sarapan dan tidak ada makanan dirumah, maka penjual nasi uduk atau bubur ayam menjadi penyelamat. Pun demikian, untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas ASI, saya membutuhkan ibu penjual susu kedelai. Masih banyak contoh lainnya, yang jelas setiap hari kita selalu berhubungan dengan mereka. Dengan penjahit keliling, dengan penjual buah, dengan tukang sol sepatu dan masih banyak lagi.

Mass Market

Mass Market

Selain sekedar berhubungan sebagai penjual dan pembeli, bukan tidak mungkin kita bisa bersinergi bersama mereka. Seperti yang saya dan Komunitas Siswa Wirausaha alami. Komunitas Siswa Wirausaha merupakan komunitas tempat siswa belajar wirausaha sekaligus memproduksi dan menjual produk-produknya. Tujuannya adalah untuk membantu biaya pendidikan siswa/i pra sejahtera SMK Itaco. Ide ini juga untuk menanamkan jiwa kewiraushaan sejak dini. Beberapa pencapaian yang pernah kami dapatkan antara lain : Juara 2 Lomba Wirausaha Guruku Education Festival, Juara Harapan 2 Lomba Web Sekolah dan Juara 1 Lomba Desain Logo Web Depelover Ilmu Berbagi dll.

Pencapaian Siswa Wirausaha

Pencapaian Siswa Wirausaha

Nah, bulan November tahun lalu kami berencana memperluas usaha kami yaitu dengan membuat pouch serbaguna, sling bag, totebag, tas laptop, souvenir, kaos sablon, kemeja anak dll. Karena saya sendiri belum terlalu pandai menjahit, saya mencari-cari siapa kira-kira pelaku usaha kecil yang bisa mengajari siswa menjahit untuk membuat produk. Cukup lama juga kami mencari, sampai akhirnya atas rekomendasi seorang teman, saya bertemu dengan Pak Latif, seorang penjahit di daerah Kranji Bekasi.

Akhirnya kamipun menemui Pak Latif ke tempat kerjanya. Beliau menyewa tempat kecil di dekat rumahnya. Usaha yang dia buka adalah vermak yang di beri nama sesuai namanya yaitu “Latif Vermak”. Beliau menerima segala macam vermak seperti vermak jeans, tas, pakaian dll. Kami banyak diskusi termasuk menjelaskan keinginan saya bersinergi dengannya. Saya ingin Pak Latif bisa melatih siswa menjahit tentunya dengan kompensasi karena kami pun menghargai ilmu yang dia miliki. Alhamdulillah, beliau menyambut baik dan untuk tahap awal beliau bersedia melatih 3 siswa terlebih dahulu. Beliau juga sangat setuju perlunya siswa memiliki skill sejak dini, karena bisa menjadi bekal ketika mereka lulus nanti. Sejak itu, setiap pulang sekolah, mereka langsung ke tempat Pak Latif untuk belajar menjahit sekaligus mengerjakan pesanan. Saat ini alhamdulillah, siswa sudah bisa lancar menjahit dan membuat produk pesenan konsumen seperti pouch, tempat hp, tas leptop, sling bag dan masih banyak lagi. Hal ini tentunya tak lepas dari peran Pak Latif yang telah sabar mengajari siswa di sela-sela kesibukannya. Kami sangat berterima kasih pastinya dan beliau juga bersyukur karena selain bisa menularkan ilmunya, dari segi penghasilanpun terbantu karena ketika kami mendapatkan order, Pak Latif juga membantu mengerjakan bersama siswa.

Sinergi Mass Market

Sinergi Mass Market

Produk Sinergi Mass Market

Produk Sinergi Mass Market

Berikut video kegiatan sinergi antara Pak Latif dengan Siswa Wirausaha, cekidot ya!


Saat ini usaha kami sudah mulai menampakan hasil yang positif, tentunya hal tersebut tidak terlepas dari dukungan banyak pihak. Beberapa aset pun sudah kami miliki seperti perlengkapan sablon, mesin jahit, bahan kain dll. Siswa pun sudah saya bagi menjadi beberapa divisi seperti divisi produksi jahit, divisi desain, divisi sablon, divisi pemasaran, divisi administrasi dan divisi pengiriman. Kami ingin bisnis kami berproses ke arah yang lebih baik sehingga siswa harus belajar dari awal. Kami yakin dengan memberdayakan siswa, akan memberikan nilai lebih nantinya ketika mereka sudah lulus. Kami harap, setiap selesai belajar formal, siswa sibuk dengan pekerjaan di divisinya masing-masing. Kami bersyukur, karena dengan demikian mereka memanfaatkan waktu dengan produktif sehingga Insya Allah terhindar dari masalah kenakalan remaja. Saat ini selain menjual produk eceran, kami juga mulai menerima orderan untuk institusi atau komunitas seperti misalnya kaos sablon, goodie bag, pouch dll. Tentunya, masih banyak yang harus kita pelajari, tapi dengan optimisme kami yakin bisa memajukan siswa-siswa pra sejahtera sehingga mempunyai masa depan yang lebih baik. Hal ini tentunya tidak terlepas dari peran Pak Latif, sosok sederhana yang tentunya sudah banyak membantu orang dengan jasa vermaknya dan kini bersinergi bersama kami untuk kehidupannya yang lebih baik. Beliau sangat ingin anak-anaknya mempunyai masa depan yang lebih baik darinya. Oleh karena itu, saat ini beliau harus bekerja keras untuk dapat memberikan pendidikan yang baik untuk anaknya. 

Berbicara tentang mass market seperti kami, salah satu harapan adalah memperbesar usaha. Hal tersebut tentunya membutuhkan modal. Namun kini, pelaku mass market tidak perlu khawatir karena BTPN Sinaya. Mereka mempunyai program menabung untuk memberdayakan melalui produk BTPN Taseto Mapan yang hasilnya akan disalurkan ke usaha mass market melalui program Daya nya. Sehingga, kami sangat mendorong masyarakat dapat membantu program pemberdayaan mass market dengan turut serta menabung di BTPN Sinaya. Dana yang terkumpul akan dialokasikan untuk membantu pelaku usaha mass market seperti kami, sehingga kami bisa lebih bersaing. Bisa mewujudkan impian Pak Latif membeli mesin-mesin yang lebih besar dan juga Siswa Wirausaha menambah kapasitas produksi sehingga bisa membantu lebih banyak siswa prasejahtera. Bagi masyarakat sendiri, selain membantu memberdayakan pelaku usaha mass market, juga akan mendapatkan hasil yang kompetitit. Saya sudah mencobanya di menabunguntukmemberdayakan.com. Bahkan kita bisa memilih bidang usaha mass market yang ingin kita berdayakan. Langsung aja login dan ikuti langkah-langkahnya seperti berikut :

Mulai simulasi

Mulai simulasi

Login

Login

Pilih besar dana dan jangka waktu

Pilih besar dana dan jangka waktu

isi data

isi data

Hasil simulasi

Hasil simulasi

Nah mudah bukan? lewat BTPN Sinaya, kita ga sekedar menabung loh tapi juga memberdayakan pelaku usaha mass market seperti kami. Kami harap juga, akan lebih banyak membangun sinergi dengan pelaku usaha mass market lainnya, sehingga kita bisa saling memberdayakan satu sama lain untuk masa depan yang lebih baik. Terima kasih mass market!

8 comments

  1. Pakde Cholik says:

    Di sekitar kita banyak orang yang langsung atau tidak langsung ikut meringankan kerepotan kita ya. Sebaliknya kita juga membantu meringankan beban mereka dengan membeli atau memanfaatkan produk atau jasa mereka. Kerjasama seperti itu bagus loch.
    Salam hangat dari Jombang

Leave a Reply