Sering Beser Saat Hamil? Waspada Anyang-Anyangan

Saat ini usia kehamilan saya sudah memasuki minggu ke-19 dan ada masalah yang saya hadapi setiap kehamilan. Apa itu? apalagi kalo bukan sering berkemih (beser), bahkan terkadang hanya karena bersin tiba-tiba keluar kemih/pipis. Ini sangat mengganggu sekali. Saat hamil pertama sampai hamil anak kedua ini, saya belum pernah tanya ke dokter kandungan.

Oleh karena itu, saya sangat antusias ketika di ajak Blogger Perempuan menghadiri acara gathering dan talkshow dari Prive Uricran tentang “Pentingnya Menjaga Kesehatan Saluran Kemih pada Wanita” dengan Narasumber dr. Boy Abidin, SPOG (K), yang juga narasumber plus presenter DR OZ Indonesia. Acara ini bertempat di Hotel Harris Kelapa Gading, Jakarta Utara.

dr. Boy Abidin yang sangat humble

Para peserta sangat antusias mengikuti acara karena memang ini sangat penting terutama untuk kaum wanita, baik itu dewasa, anak-anak dan juga ibu hamil. Faktanya dibanding pria, wanita lebih rentan terkena infeksi saluran kemih (ISK). Nah, salah satu gejala awalnya adalah Anyang-anyangan atau rasa ingin buang air kecil terus menerus, disertai nyeri dan tidak lancar. Mengapa wanita? karena jarak saluran kemih wanita lebih pendek daripada pria. Dan 80% kasus anyang-anyangan disebabkan oleh bakteri E.Coli.

ISK sendiri adalah suatu infeksi dimana ada koloni kuman yang bisa masuk melalui aliran darah atau melalui saluran kemih. Saluran kemih dimulai dari ginjal hingga saluran pengeluaran. Oleh karena itu, ISK tidak hanya infeksi yang terjadi pada saluran pengeluaran, tetapi juga pada ginjal. 

ISK mempunya gejala yang berbeda, pada umumnya adalah :

  • Rasa perih di ujung saat urine akan keluar
  • Sering buang air kecil, terutama saat malam hari, tetapi jumlah urine sedikit
  • Tidak bisa menahan buang air kemih (ngompol)
  • Anyang-anyangan
  • Mulai terasa nyeri di bagian perut bagian bawah
  • Demam ringan

Bila tidak segera diatasi, ISK akan menjalar ke bagian atas dengan gejala yang lebih berat, seperti demam tinggi, tidak nafsu makan, mual dan muntah serta nyeri pada bagian pinggang. Jika sudah menjalar ke bagian atas, akan lebih membutuhkan penanganan yang serius.

Apa sih penyebab umum ISK? Kurang minum, minum idealnya 8-10 gelas/perhari. Indikator kurang minum bisa dilihat dari warna urine. Semakin pekat, maka kita semakin kekurangan cairan. Faktor lain adalah sering menahan buang air kecil. Jangan biasakan menahan pipis. Idealnya manusia memproduksi urine 3-4 jam sekali. Faktor lainnya adalah aktifitas seksual, menopause, diabetes, toilet yang kurang bersih dan kehamilan.

Jangan biarkan ISK terjadi saat anda sedang hamil. karena akan menimbulkan komplikasi pada kehamilan, seperti :

  • Kelahiran prematur
  • Berat badan bayi lahir rendah
  • Preeklampsia
  • Hipertensi
  • Gagal ginjal
  • Kematian janin

Kembali soal kasusku dimana sering keluar kemih sendiri ketika bersin, maka jawabannya : Hal ini merupakan respon tubuh yang normal terkait dengan perubahan hormon yang timbul selama kehamilan dan tekanan pada kandung kemih karena janin yang semakin besar dalam rahim. Masih wajar jika bumil sering berkemih, yang harus di waspadai adalah ketika berkemih disertai rasa nyeri atau perih, dan bumil merasa tidak tuntas saat berkemih alias anyang-anyangan dan urine yang dikeluarkan tidak terlalu banyak. Berikut ada artikel tentang langkah menuju kehamilan sehat.

Dalam artikel tersebut di sebutkan, bila bumil ketika buang air kecil disertai nyeri atau perih, segera minum ekstrak Cranberry yang terbukti menyehatkan saluran kemih. Selain itu cranberry sebagai antioksidan membantu melindungi sel dan mencegah terjadinya kerusakan sel karena oksidatif stress dan radikal bebas. Sejak Desember 2004, badan otoritas keamanan makanan Perancis, AFSSA memberikan persetujuan mengenai klaim kesehatan untuk cranberry, yaitu: “Membantu mengurangi perlekatan (adhesi) bakteri E.coli pada dinding saluran kemih”. Dapatkan manfaat tersebut dalam Prive Uri-cran untuk membantu memelihara kesehatan saluran kemih Anda. Wuih kudu nyetok Uri-cran nih biar hamilnya lancar jaya! pas kemarin nyobain juga rasanya enak banget, seger 😀

With Blogger Perempuan

Setelah materi dari dr. Boy Abidin, acara dilanjutkan dengan tausyiah dari Ustadz Soleh Kurniawan. Ustadz menekankan bahwa Kebersihan adalah Sebagaian dari Iman,  hal tersebut menunjukkan Islam menganggap menjaga kebersihan adalah satu hal yang sangat penting, bahkan meletakannya sebagai bagian dari Iman.

Uri-cran yang seger

Leave a Reply