Saya Memilih Pro vaksin untuk Anak Saya

Salah satu kegiatan rutin saja sebagai ibu adalah membawa Abin, bayi saya ke Posyandu setiap bulannya. Apa saja yang dilakukan di Posyandu? biasanya yang dilakukan adalah mengecek perkembangan berat badan, tinggi badan, lingkar kepala dan juga pemberian vaksin (imunisasi). Alhamdulillah, Abin ga pernah drama kalo pas waktunya imunisasi paling agak demam pas selesai imunisasi DPT. Namun ga berlangsung lama asal setelah vaksin, kita beri ASI yang banyak, kompres air hangat bagian yang disuntik dan beri obat penurun panas. Biasanya sehari sesudahnya, suhu normal kembali.

ke posyandu

ke posyandu

Sebagai ibu, saya mencari tahu tentang vaksin dan saya baru tau lo ada juga orang tua yang tidak memberikan vaksin untuk anaknya dengan berbagai alasan. Kalo saya sih tanya ke orang tua dan mereka pun memberikan vaksin untuk saya dan adik ketika kecil dulu. Ketika ditanya alasan kenapa saya memberikan vaksin, alasannya adalah karena saya ingin melindungi anak saya dari penyakit yang bisa berakibat fatal. Vaksinasi merupakan ikhtiar saya agar anak saya sehat dan terlindungi. Apalagi bayi masih sangat rentan terhadap berbagai macam penyakit karena mereka belum memiliki imun yang baik sebagus orang dewasa. Sering saya mendengar anak yang terkena polio sehingga lumpuh karena tidak diberikan vaksin polio oleh orang tuanya. Apa manfaat imunisasi lainnya selain mencegahnya dari serangan penyakit? yaitu antara lain meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi, meningkatkan usia harapan hidup sehingga menyelamatkan generasi selanjutnya.

Seperti dikutip http://www.constiti.com/, Imunisasi merupakan usaha yang dilakukan oleh manusia yang sangat bermanfaat bagi kesehatan dan kelangsungan hidup manusia. Imunisasi berasal dari kata imun yang berarti kebal atau resisten. Imunisasi disebut juga dengan vaksinasi, yaitu pemberian vaksin ke dalam tubuh dengan tujuan memberikan kekebalan terhadap suatu penyakit tertentu. Di Indonesia, imunisasi mulai diadakan pada tahun 1956. Imunisasi bisa dilakukan baik dengan cara tetes lewat mulut ataupun disuntikkan.

Abin saat ini alhamdulillah sudah mendapatkan imunisasi wajib, yaitu: BCG, Polio, Hepatitis B, dan DPT. Insya Allah nanti menyusul campak. Imunisasi Hepatitis B untuk mencegah virus Hepatitis B yang dapat menyerang dan merusak hati; imunisasi Polio untuk mencegah serangan virus polio yang dapat menyebabkan kelumpuhan. Imunisasi BCG untuk mencegah tuberkulosis paru, kelenjar, tulang dan radang otak yang bisa menimbulkan kematian atau kecacatan; imunisasi Campak untuk mencegah radang paru, diare, dan radang otak karena virus campak dan Imunisasi DPT untuk mencegah 3 penyakit, yaitu Difteri, Pertusis dan Tetanus.

Jadi, lebih baik melakukan pencegahan kan daripada mengobati. Yuk, bawa anak kita untuk imunisasi untuk Indonesia yang lebih sehat dan kuat 🙂

 

in harmony clinic

One comment

Leave a Reply