RBH Tradesmart, Aplikasi yang Mempermudah Investasi Saham

Apa yang terfikir ketika mendengar investasi saham? kalo saya si yang kebayang itu ribet, harus paham analisis teknikan dan fundamental, beli saham minimal harus sekian lot dengan nominal yang lumayan, harus di pantau terus pergerakan sahamnya kalo ga mau tiba-tiba kaget karena nilai sahamnya turun, harus memilih broker dll. Karena hal itulah, saya memilih untuk tidak investasi saham. Padahal saya butuh banget produk untuk investasi jangka panjang. Akhirnya saya hanya membeli produk reksadana. Karena apa? karena sudah ada Manager Investasi yang mengatur semuanya. Kita tinggal duduk manis memilih produk reksadana yang sesuai profil kita. Selanjutnya, kita tinggal tunggu aja kinerja hasil investasi kita. Waktu pun berlalu…

Disuatu hari di musim yang lalu …. (loh koq malah nyanyi :p ), datanglah undangan dari Blogger Perempuan Network untuk menghadiri acara launching aplikasi RHB Tradesmart with ARO. Disitu disebutkan bahwa ini merupakan aplikasi perdagangan saham pertama di Indonesia dengan fitur yang berikan strategi cerdas dan real time. Wew, seperti pepatah pucuk di cinta ulam tiba nih!

RHB Tradesmart berada di bawah naungan PT RHB Sekuritas Indonesia (RHB Sekuritas). Aplikasi ini diklaim dapat memberikan akses atas rekomendasi saham secara mudah, cepat dan cerdas, dengan adanya fitur ARO (Assisted Robo Optimization). Presiden Direktur PT RHB Sekuritas Indonesia Chan Kong Ming menjelaskan bahwa RHB TradeSmart With ARO emudahkan masyarakat yang ingin berinvestasi di saham. ARO merupakan fitur dalam aplikasi yang memberikan analisis teknis dan strategi investasi secara real-time baik untuk investor pemula maupun investor yang sudah berpengalaman.  Setiap investor pada saat yang sama akan menerima notifikasi yang sama, sehingga memberikan kesempatan yang merata bagi setiap orang untuk meraih profit atas momentum investasi secara real time.

Fitur ARO juga memiliki berbagai opsi layanan seperti :

ARO Signal: berisi saham-saham yang hari itu menjadi trending di pasar, dan mendapat trading signal BULL, HOLD dan BEAR. Sehingga semuanya bisa mengetahui apa yang lagi HOT di pasar.

ARO Library: berisi indikator dan parameter tambahan yang lebih detail mengenai saham yang mendapat notifikasi, sehingga para trader dan investor bisa memiliki trading plan yang lengkap agar dapat membantu mereka dalam mengambil keputusan bertransaksi.

ARO Technical: berisi parameter tambahan Automatic Support dan Resistant untuk membantu pengambilan keputusan dari trader terhadap signal rekomendasi ARO, baik antri beli maupun jual, secara otomatis tanpa harus membuka chart yang kompleks.

Acara ini juga mengundang Merry Riana selaku Duta RHB TradeSmart. Merry mengatakan pada umumnya  masyarakat masih enggan ber-investasi saham karena menggangap resiko yang cukup tinggi. Hal tersebut menurutnya muncul karena masyarakat kurang mempunyai pengetahuan akan saham dan juga tidak mengenal profil investasinya. Merry menambahkan, RHB Tradesmart with ARO ini, setiap investor akan mendapatkan kemudahan dan akses informasi yang sama untuk berinvestasi saham, termasuk mereka yang tidak mempunyai banyak waktu untuk mengamati pergerakan saham.

Nah sekarang bagaimana cara kita mulai investasi saham melalui RHB Tradesmart ini? kebetulan saya langsung daftar.

  • Unduh aplikasi RHB TradeSmart With ARO dengan kata kunci “RHB TradeSmart ID di Google Play Store and Apple Apps Store.
  • Sign-up dengan mengisi data diri dan scan kartu tanda pengenal melalui kamera smartphone melalui aplikasi RHB TradeSmart ataupun melalui website rhbtradesmart.co.id. Siapkan juga scan/foto NPWP, buku tabungan. 
  • Buka email untuk melihat password dan username sementara untuk membuka aplikasi.
  • Proses pembukaan rekening saham sesuai dengan aturan dari Bursa Efek Indonesia akan dilakukan.
  • Tunggu verifikasi dari call center, untuk melakukan verifikasi data dan proses Know Your Customer (KYC), sembari menunggu nomor dan kode investor dari KSEI (Kustodian Sentral Efek Indonesia) dan Rekening Dana Investor (RDN) yang dikeluarkan oleh Bank-Bank ternama di Indonesia. 
  • Dokumen lengkap akan dikirimkan sesuai dengan alamat yang Anda berikan dari pihak Call Center RHB Sekuritas Indonesia. Tanda tangani dan kirimkan kembali ke Kantor Pusat RHB Sekuritas Indonesia di Wisma Mulia lt. 20, Jl. Gatot Subroto No. 42, Jakarta.
  • Setelah semua proses verifikasi dan data-data terlengkapi, maka Anda dalam beberapa waktu akan menerima Investor ID (SID) dan nomor rekening investor (RDN).
  • Pengguna bisa melakukan transfer dana, dan memulai trading saham dengan mudah dengan panduan ARO di manapun, kapan pun.

Selamat berinvestasi saham!

Data dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menunjukkan bahwa tingkat literasi masyarakat Indonesia akan pasar modal serta tingkat utilitas produk pasar modal masih sangat rendah dibandingkan dengan negara lainnya terutama di Asia. Selain itu, data BEI saat ini memperlihatkan investor pasar modal yang aktif di Indonesia hanya berjumlah sekitar 600.000 SID, sangat minim dibandingkan jumlah penduduk Indonesia yang mencapai 250 juta penduduk.

Peluncuran RHB TradeSmart With ARO merupakan bagian dari komitmen RHB Sekuritas untuk membantu BEI meningkatkan literasi mengenai pasar modal, mendorong masyarakat untuk mulai berinvetasi saham secara berkala dan membantu pertumbuhan pasar modal Indonesia.

Informasi lebih lanjut:

17 comments

  1. Waya Komala says:

    Wah, yang begini ini sebelumnya gak kepikiran sama aku. Pas baca ini jadi paham investasi saham gimana. Apalagi bisa lewat HP, makin mudah aja ya..

Leave a Reply