PNS dan Dedikasi untuk Negeri

Salah satu profesi di Indonesia yang sudah lama eksis adalah Pegawai Negeri Sipil atau PNS. Menurut UU NOMOR 5 TAHUN 2014 TENTANG ASN (Aparatur Sipil Negara), PNS ASN ini terdiri dari 2, Pegawai Negeri Sipil dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja atau PPPK. Dalam UU ASN PNS dedefinisikan dalam angka 3 yang berbunyi:

Pegawai Negeri Sipil yang selanjutnya disingkat PNS adalah warga negara Indonesia yang memenuhi syarat tertentu, diangkat sebagai Pegawai ASN secara tetap oleh pejabat pembina kepegawaian untuk menduduki jabatan pemerintahan.

Mb Reni

Mb Reni

Dalam bahasa Inggris PNS diistilahkan dengan sebutan Civil Servant (Pelayan Publik) yang pada intinya mempunyai tugas utama melayani kepentingan publik atau rakyat. Di setiap negara di dunia memiliki definisi masing-masing tentang Pegawai Negeri Sipil. Nah, jadi PNS ini di gaji negara untuk melayani masyarakat. Jadi kalo kita ke kantor-kantor pemerintah, maka yang melayani adalah PNS. Seperti misalnya di Kantor Kelurahan, Puskesmas, Kantor Pajak dll. Meskipun banyak yang mengeluhkan kinerja PNS, tapi alhamdulillah saya ga pernah punya pengalaman buruk bahkan saya punya dua temen deket dalam sebuah grup whatsapp yang dedikasinya ga usah di ragukan lagi. Sibuk sekali dengan pekerjaannya dan sangat berdedikasi. Ialah Mb Indah Nuria dan Mb Reni Judhanto. Mb Reni adalah PNS di Madiun. Kalo ditanya tentang kesibukannya, ga usah ditanya. Sibuk banget! bahkan nih Mb Reni jarang-jarang nongol di grup. Tapi eyampun, sekalinya muncul itu dia ngerekapnya lengkap bin detail. Salut deh budhe. Ya udah semoga selalu diberikan kesehatan dan keikhlasan ya budhe dalam menjalankan tugasnya. Aamiin.

Referensi : http://wikipns.com/apa-pengertian-pns/

3 comments

  1. Reni Judhanto says:

    De Icus…. menjadi PNS emang bukan cita-citaku sebenarnya, tapi karena sudah ‘terlanjur’ jadi PNS, mau tak mau ya harus ditekuni.

    Maaf ya jarang ikutan ngobrol di grup… tapi kalian semua adalah saudara2 tercintaku kok.

  2. cputriarty says:

    Bagi sebagian orang profesi kerja sebagai PNS masih menjadi sesuatu yang membanggakan.”Sayangnya aku gagal total menembus jadi PNS 🙁

Leave a Reply