PKBM Ginus Itaco&Siswa Wirausaha, dari Bekasi Untuk Indonesia

Education is the most powerful weapon which you can use to change the world. (Nelson Mandela)

Kami percaya bahwa pendidikan menjadi senjata ampuh untuk memutus rantai kemiskinan. Pendidikan penting sebagai alat untuk memberantas kemiskinan. Dengan pendidikan yang baik, siswa pra sejahtera dapat merubah nasib keluarganya, karena siswa bisa mendapatkan pekerjaan yang lebih baik, pendapatan yang lebih baik dan mengirim generasi selanjutnya untuk bersekolah. Masalah yang ada disekitar kita merupakan tanggung jawab kita juga termasuk saya. Untuk itulah, Kabar Baiknya, saya mencoba melakukan sedikit hal Untuk Indonesia dalam bidang yang saya suka, pendidikan dan social entrepreneurship. Saya pun mencoba membuat Inovasi Daerah yang menggabungkan pendidikan akademik dengan wirausaha. Lembaga yang saya dirikan adalah PKBM Ginus Itaco yang menyelenggarakan pendidikan Paket C namun dengan tambahan sertifikasi programming. Selain programming, siswa belajar desin grafis, broadcasting, menjahit dll.

PKBM Spanduk - Copy

Terus berupaya membantu siswa pra sejahtera

Alhamdulillah meskipun lingkup kami masih kecil namun beberapa prestasi pernah kami raih antara lain : Juara 2 Lomba Wirausaha dari Guruku Education Festival, Juara Harapan 2 Lomba Web Desain, Juara 1 Lomba Desain Logo Developer Ilmu Berbagi dll. Alhamdulillah, kami tidak sendiri. Banyak orang baik yang membantu kami baik individu sebagai orang tua asuh maupun institusi. Kami jadi semakin percaya jika masih banyak orang baik dan peduli. Ada yang memberikan pelatihan, donasi, dll. Hal tersebut tentunya memacu kami untuk bisa lebih baik dan mandiri. Salah satunya yang sudah kami lakukan sejak tahun 2013 adalah wirausaha. Ide itu muncul ketika saya melihat fakta bahwa banyak siswa tidak dapat berangkat sekolah karena kendala transport. Akhirnya, saya membeli mug printing dan siswa bisa mendapatkan penghasilan tambahan untuk transport. Usaha kami kemudian bertambah jenisnya seperti jasa desain, sablon kaos, dll. Sejak tahun 2015, alhamdulillah kami mempunyai usaha baru di bidang konveksi dan sablon yaitu membuat souvenir dan tas wanita. Wirausaha ini diwadahi oleh Komunitas Siswa Wirausaha.

Picture5

Lomba Web Desain

Dengan belajar di pagi hari dan juga wirausaha di siang hari, siswa kami menjadi lebih produktif sehingga bisa meminimalisir untuk melakukan hal-hal yang mengarah ke kenakalan remaja. Secara skill, Insya Allah mereka siap baik nantinya bekerja maupun berwirausaha. Secara perilaku, kami pun terus berusaha memberikan pelatihan soft skills. Alhamdulillah, dari hasil wirausanya banyak dari siswa yang sudah bisa mandiri bahkan membantu orang tuanya. Kerjaan kamipun ada terus, tawaran bazar berdatangan dan pesanan pun mengalir. Beberapa aset pun sudah kami miliki seperti perlengkapan sablon, mesin jahit, PC dll. Siswa pun sudah saya bagi menjadi beberapa divisi seperti divisi produksi jahit, divisi desain, divisi sablon, divisi pemasaran, divisi administrasi dan divisi pengiriman. Kami ingin bisnis kami berproses ke arah yang lebih baik sehingga siswa harus belajar dari awal. Kami yakin dengan memberdayakan siswa, akan memberikan nilai lebih nantinya ketika mereka sudah lulus. Tentunya, masih banyak yang harus kita pelajari, tapi dengan optimisme kami yakin bisa memajukan siswa-siswa pra sejahtera sehingga mempunyai masa depan yang lebih baik. Harapannya semoga kami bisa menjalin sinergi yang lebih baik dengan semua pihak. Masa depan mereka adalah masa depan kita juga. Banyak yang positif dari Indonesia yang harus kita munculkan, sehingga tidak ada celah untuk hal negatif.

Kelas Programming

Kelas Programming

Menteri PPN/Bappenas Bambang Brodjonegoro bersama Produk Siswa Wirausaha, sumber foto : Detik

Menteri PPN/Bappenas Bambang Brodjonegoro bersama Produk Siswa Wirausaha, sumber foto : Detik

Kegiatan Menjahit

Kegiatan Menjahit

Contoh Karya Siswa

Contoh Karya Siswa

Share juga yuk #InovasiDaerahmu 🙂

Artikel ini diikutsertakan pada Kompetisi Menulis Blog Inovasi Daerahkuhttps://www.goodnewsfromindonesia.id/competition/inovasidaerahku

31 comments

Leave a Reply