Nutrisi Bagaimana yang Tepat untuk Tumbuh Kembang Anak?

Pernah dengar jika makanan dan minuman yang anak kita konsumsi berperan penting bagi tumbuh kembangnya? makanan dengan kandungan seperti apakah yang anak kita butuhkan? beruntung, sabtu lalu saya menghadiri acara mom blogger gathering dari Friesland Campina yang membahas tentang Gizi dalam Keadaan Alami untuk Anak Kuat dari Dalam. Apa saja yang dibahas? Baca sampai akhir yaaa

Pembicara pertama dr. Diana menjelaskan tentang pentingnya nutrisi dalam masa tumbuh kembang anak. Status gizi berperan penting terhadap perkembangan fisik, sosial dan juga mental. Status nutrisi baik, maka akan menghasilkan konsentrasi baik, prestasi baik dan emosi stabil. Dulu kita berpedoman pada 4 sehat 5 sempurna, sekarang kita memakai panduan Gizi Seimbang. Semua harus ada baik itu karbo, lemak, air, buah sayur dll. Yang paling banyak harus di konsumsi adalah air putih. Karena 70% tubuh kita terdiri atas air. Berikut pedomannya :

Karbo berfungsi sebagai sumber energi, protein berperan sebagai zat pembangun untuk perkembangan otak, pertumbuhan, memperbaiki jaringan yang rusak dan regenerasi sel. Lemak berperan untuk pertumbuhan perbaikan jaringan tubuh dan mengatur proses metabolisme tubuh. Untuk moms yang menggunakan minyak canola inget ya jangan digunakan untuk buat deep fried karena nanti menjadi lemak jenuh. Masih boleh jika digunakan untuk menumis. Nutrisi terdiri dari makronutrien dan mikronutrien. Makro artinya diperlukan dalam jumlah banyak seperti karbo, lemak, protein dan mikronutrien meskipun diperlukan dalam jumlah sedikit namun tetap perperan penting seperti vitamin dan mineral. Setelah memilih makanan yang bergizi, tugas kita selanjutnya adalah menjaga kandungan nutrisinya. Bagaimana caranya?

Pembicara selanjutnya adalah dr Aulia Fitri yang menjelaskan tentang Peranan Nutrizi dan kesehatan Pencernaan terhadap Tumbuh Kembang Anak. Faktor tumbuh kembang dipengaruhi oleh potensi genetik yang lebih banyak diturunkan dari ibu, nutrisi dan stimulasi. Tumbuh kembang dipengaruhi oleh nutrisi, saluran cerna dan imunitas. Jika pencernaan anak terganggu, nafsu makan menurun, nutrisi terganggu, anak tidak nyaman untuk beraktifitas, anak tidak tertarik untuk mengeksplorasi yang berdampak pada tumbuh kembang yang tidak sesuai. Faktanya 3 dari 10 anak mengalami gangguan pencernaan, diare penyebab kematian no 2 di Indonesia, 12% anak mengalami konstipasi. Kenapa moms harus peka terhadap saluran cerna? karena merupakan organ kekebalan tubuh terbesar. Bagaimana memantau pertumbuhan anak? bisa menggunakan WHO child growth standars untuk anak dibawah 5 tahun, KMS atau BKIA. Kalo saya menggunakan aplikasi PRIMA yang bisa di download gratis.

Oya kita juga harus aware ya terhadap bentuk pup di kecil. Kalo bentuknya bulat-bulat kecil meskipun secara frekuensi tidak bermasalah, maka si kecil mengalami konstipasi. Bagaimana agar pencernaan si kecil sehat:

  • Berikan nutrisi yang sehat, lengkap, seimbang dan berkualitas
  • Terapkan gaya hidup sehat dan bersih
  • Cegah penyakit pencernaan dengan imunisasi
  • Tambahan dari saya : banyak minum air putih

Terakhir dr Aulia menjelaskan manfaat susu untuk anak, tentunya setelah lepas menyusui ya moms. Sebagai PELENGKAP nutrisi harian, susu memiliki beberapa manfaat:

  • Kandungan gizi relatif lengkap à sumber protein, kalsium, dll
  • Mudah dicerna
  • Rasa enak / lezat

Pemateri terakhir adalah dr Rulli sebagai Medical Marketing Manager Friso yang menjelaskan tentang Nutrisi dalam keadaan alami, kuat dari dalam. dr Rulli Menjelaskan Friso diolah dengan menerapkan konsep nature science yang artinya seluruh proses produksi mulai dari pemilihan pakan ternak untuk sapi hingga pemrosesan akhir produk dilakukan sendiri oleh FrieslandCampina. Friso menerapkan metode single process yang mengolah dari bahan baku susu segar hingga menjadi produk Friso dengan satu kali pemasanan saja, sehingga nutrisi alami yang terkandung tetap terjaga. Friso juga diproduksi dengan menggunakan teknologi Locknutri yang menjaga kualitas protein dalam susu agar mudah dicerna dan diserap oleh anak. Friso juga difortifikasi dengan berbagai vitamin dan mineral.

Sesi selanjutnya adalah tanya jawab dengan pembicara. Moms blogger dari Komunitas Blogger Perempuan sangat antusias bertanya dan tentunya acara ini bertabur hadiah. Terima kasih Blogger Perempuan dan Friso.

Btw teman-teman bisa langsung konsultasi tentang gizi dan tumbuh kembang anak dengan ahlinya di Messenger Fanpage Friso Indonesia lo. Asik kan?

18 comments

  1. Evi Fadliah says:

    Bahaya ya Mba, kalau sistem pencernaan anak sudah terganggu. Apalagi salah satu penyebabnya dari faktor genetik, jadi kehadiran Friso menjadi salah satu solusinya niyy.

  2. April Hamsa says:

    Salra cerna anak ini emang penetu anak sehat apa gak. Penah baca juga kalau 80% kekebalan tubuh anak ditentukan dr kesehatan saluran cernanya 😀

Leave a Reply