Menikmati Hidup, Mencintai Indonesia

Dunia ini ibarat sebuah buku dan bagi mereka yang tidak pernah traveling seperti hanya membaca satu halaman saja.” ~ St. Augustine

Saya percaya dengan ucapan tersebut, itulah mengapa saya menyukai travelling, meskipun kadang dengan budget pas-pasan dan sendiri. Entah travelling di dalam kota maupun luar kota, tapi saat ini masih sering di dalam kota. Hal tersebut tidak mengurangi kenikmatan travelling saya. Kesempatan yang paling luar biasa yang pernah saya dapatkan adalah ketika menjadi fasilitator Program Perpus Seru dari sebuah Foundation ke berbagai Perpustakaan di daerah seperti Batang, Jepara, Bandung, Pontianak, Sukoharjo dll. Setelah pekerjaan selesai dan masih ada waktu saya pasti menyempatkan diri untuk berkeliling menikmati landmark yang ada di kota tersebut, namun seringnya jadwal terbatas, sehingga tidak sempat untuk travelling menjelajah kota tersebut.

Saya kurang setuju jika ada yang mengatakan bahwa travelling hanya menghabiskan uang, karena menurut saya travelling adalah investasi pengalaman. Saya bisa memperluas wawasan dan budaya berbeda. Biasanya saya lebih senang mengeksplorasi tempat mulai dari budaya, makanan, masyarakatnya dll. Travelling merupakan kegiatan yang mencerahkan, memperluas networking, belajar “Real life” dan menambah perspektif sehingga berfikiran lebih terbuka dan bisa lebih menghargai keindahan alam dan orang lain. Menurut saya traveling adalah salah satu cara saya mencintai Indonesia.

Dua jenis traveling yang saya sukai adalah wisata alam dan sejarah.. berikut adalah beberapa perjanalan sejarah saya, antara lain ke Kebun Raya Bogor, Museum Kartini, Keraton Solo, Candi Prambanan, Candi Borobudur, Museum Sangiran, Museum BI, Museum Mandiri, Monumen Nasional dll. Saya bisa kesana sendiri, bersama teman ataupun mengajak siswa saya agar mereka sekalian belajar. Berikut beberapa dokumentasinya :

Nah, jenis wisata kedua yang juga saya gemari adalah wisata alam. Saya paling suka gunung dan pantai. Untuk gunung, tempat favorit saya adalah kampung halaman saya sendiri, yaitu di Kuningan, Jawa Barat dan juga kampung kelahiran ayah di Bumiayu, Jawa Tengah. Walaupun mungkin saya hanya bisa kesana setahun sekali. Berikut beberapa dokumentasinya :

Dan yang terakhir saya suka pantai…walopun baru ke Pulau Pari dan Pulau Harapan doang si..moga2 next bisa ke Bali or Lombok.. aamiin.. :))

Oya karena sekarang udah punya suami dan anak, pengen deh suatu saat nanti bisa travelling bareng. Seru banget pastinya. Travellingnya lebih seru, beda banget ketika travelling pas jomblo. Hehe :p

Abin pasti suka banget diajak travelling karena anak itu di ajak keluar aja suka banget, excited banget liat pemandangan. Oya, ngomong-ngomong soal travelling sama keluarga, saya kagum banget sama blogger kece, Nurul Noe.  Gimana ga keceh, dia tuh suka ajak anak-anaknya travelling loh, baik dalam maupun luar negeri. Wuih! pas sekarang punya bayi lucuk pun, Ranu, hobinya tersebut ga berubah. Malah bebe Ranu udah dibawa kemana-mana. Salut-salut. Nah, impianku juga nih bisa travelling bareng sama keluarga blogger kece ini. Biar ketularan kece. Hehe

Jangan lupa ya ..

Jangan lupa ya ..

14 comments

Leave a Reply