Mengenal Jurusan Ilmu Ekonomi

Ilmu Ekonomi atau dulu bernama Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan merupakan disiplin ilmu yang dulu saya pelajari ketika kuliah. Meskipun saat ini saya berkarir dibidang pendidikan yang tidak terlalu banyak hubungannya dengan jurusan ketika dulu kuliah.

Ketika SMU, saya awalnnya agak galau memilih jurusan kuliah. Saya menyukai pelajaran ekonomi sejak kelas 1. Sehingga ketika naik kelas 3 dan masuk jurusan IPA, saya menghadap wakil kepala sekolah dan minta pindah jurusan ke IPS. Anti mainstream deh disaat yang lain masuk IPS dan minta pindah ke jurusan IPA. Saya beruntung banget masuk ke kelas IPS 1, karena temennya asik-asik dan pada semangat belajar banget hehe. Alhamdulillah, wali kelasnya juga baik yaitu Miss Fifi. Miss Fifi guru Bahasa Inggris. Waktu mau tes UM (ujian masuk) UGM sempet tjurhat ke beliau. Saya bilang ingin masuk ke UPI mengambil jurusan Pendidikan Ekonomi, tapi gimana kalo keterima di UGM (udah PD yak)? beliau menyarankan, gapapa ambil aja kalo di terima, nanti kalo misal udah lulus bisa ngambil Akta IV untuk penyesuaian masuk di pendidikan. Ya udah deh, ketika akhirnya beneran di terima di UGM, saya ga ambil pusing hehe.

Nah, saya di terima di jurusan Ilmu Ekonomi UGM. Ilmu Ekonomi merupakan salah satu bagian dari Fakultas Ekonomi. Saya awalnya ga punya gamabrin sih apa sebenarnya yang dipelajari di jurusan ini. Maklum, googling belum segampang sekarang yee.. jadi cuma bisa tebak-tebak buah manggis aja. Ihik. Saya memang maunya masuk ke Fakultas Ekonomi, tapi saya ga terlalu suka Akuntansi karena pasti ngitung terus. Ga mau juga ambil Manajemen, karena katanya harus pinter ngomong. Hohoho. Alhasil, Ilmu Ekonomi yang jadi korban. Setelah masuk, ternyata oh ternyata susah bok! apalagi nih kalo kenal sama pata kuliah Ekonometri. Hiy! tapi alhamdulillah juga, ampe lulus dapat IPK 3,49 (hampir cumlaud) :p

my campus now. sumber:infokampusonline.com

my campus now. sumber:infokampusonline.com

Dan pernah baca juga beberapa bulan lalu, kalo jurusan ini termasuk dalam daftar 10 jurusan tersulit. Hihi. Untung udah lewat yaaaa. Sebenarnya apa sih yang dipelajari di jurusan Ilmu Ekonomi ini? memang sih jurusan ini kurang populer di maskarakat di banding dengan Akuntansi dan Manajemen. Padahal jurusan ini prospeknya cukup bagus loh. Terbukti banyak temen saya yang berkarir di perbankan, bappenas, kemenkeu atau kementrian lainnya. Menurut saya, lulusan Ilmu Ekonomi banyak dibutuhkan untuk membuat perencanaan membangkitkan ekonomi Indonesia kedepannya agar lebih maju.

Kemudian apa yang di pelajari dalam ekonomi pembangunan?

Seperti dikutip http://putrilatifa27.blogspot.co.id/ Jurusan Ilu Ekonomi atau ekonomi pembangunan merupakan salah satu bagian dari studi ilmu ekonomi yang membahas tentang persoalan pembangunan  di negara yang  mencakup industri, keuangan, perbankan, bisnis dan perencanaan pembangunan, serta bagaimana menganalisis permasalahan ekonomi dari berbagai faktor dan pemecahan masalahnya dengan menggunakan teori dasar ilmu ekonomi (ekonomi makro dan ekonomi mikro). Lulusan ini juga mampu berpikir secara analitis, kritis, inovatif , kreatif dan berkarakter problem solver.

Susahkah kuliahnya? setelah dijalani sih, ga terlalu ko. Buktinya saya masih punya banyak waktu buat yang lain koq, ga melulu belajar. Alhamdulillah juga, IPK masih aman. Salah satu temen di grup wa Embak Ceria, jurusannya Ilmu Ekonomi juga loh. Alhamdulillah beliau baru lulus. Namanya Silviana Noerita. Ish, dulu pas aku kuliah kayaknya Silvi masih SD deh *olesinpelembabantiaging*, agak surprise sih, soalnya jarang-jarang nemu teman jurusan ini. hehe. Nah, Sil selamat berjuang setelah lulus ya. Semoga mendapat pekerjaan yang diidamkan ya dear :*

neng silvi. sumber : fb silvi

neng silvi. sumber : fb silvi

2 comments

  1. Yosi says:

    Assalamualaikum mbak. Saya IE UGM 16. Baru jadi maba. Tapi kepikiran setelah lulus pengen ke pendidikan. Mbak dulu ambil akta IV nya gimana ya mbak? Saya masih kurang paham kalo misalnya IE trus nantinya mau ambil akta IV gimana gitu. Makasih mbak

Leave a Reply