Mengajarkan Bayi Suka Membaca

Sejak kecil saya suka membaca. Bahkan walaupun tinggal di desa, saya langganan majalah bobo. Bagaimana caranya? ayah saya yang kerja di Jakarta pasti membawakan majalah tersebut setiap pulang sebulan sekali. Ya, ketika ayah pulang majalah bobo menjadi incaran saya meskipun ayah datang larut malam. Saya dan adik sekaligus mendapat empat setiap bulan, karena bobo terbit seminggu sekali. Esoknya rumah kami ramai oleh teman-teman yang ikut membaca. Apakah majalahnya sekarang masih ada? jawabannya ga ada. Ga berbekas entah kemana. Kebanyakan si di pinjam temen terus ga di balikin.

sumber : kaskus.co.id

sumber : kaskus.co.id

Dulu kalo baca bobo, saya kadang membayangkan menjadi Putri Nirmala. Suka aja gitu cantik dan baik hati. Suka juga si baca yang lainnya. Kadang isi satu majalah itu habis dalam sehari. Karena saya tipe yang cepet banget kalo baca (fast skimming). Alhamdulillah, banyak sekali manfaat yang saya dapat karena banyak membaca pada waktu kecil terutama jadi mempunyai banyak perbendaharaan kata dan juga wawasan yang lebih luas.

Karena merasakan manfaat yang banyak ini, makanya saya ingin Abin juga suka membaca. Ya sekarang masih bayi sih belum bisa. Jadi yang bisa saya lakukan adalah membaca didekatnya ataupun membacakan cerita untuknya. Semoga kebiasaan ini bisa terus berlanjut bahkan sampai nanti dia bisa baca sendiri. Mendengar kata-kata membantu untuk membangun jaringan di dalam otak bayi.

My Passport to Happiness

Abin dan Buku

Saya mendengar bahwa anak-anak yang orang tuanya sering membaca mereka tahu lebih banyak kata pada usia 2 tahun dibandingkan dengan anak lainnya. Ketika bayi mendengar kita menggunakan banyak emosi yang berbeda dan suara ekspresif, dapat membantu perkembangan sosial dan emosional. Membaca juga mengajak bayi Anda untuk melihat, sentuhan, dan menjawab pertanyaan yang semuanya meningkatkan kepekaan sosial dan keterampilan berpikir. Membaca juga meningkatkan bonding antara ibu dan anak, apalagi jika kegiatan membaca disertai dengan memeluk anak. Saya juga berkeinginan untuk suatu saat membuat cerita sendiri untuk Abin. Saya kagum sekali dengan salah satu teman saya, namanya Mb Fita Chakra, yang sudah menerbitkan banyak buku anak. Semoga keinginan saya ini terkabul, untuk tahap awal mungkin harus berguru dulu sama Mb Fita. Boleh ya mb:)

5 comments

Leave a Reply