Mencicipi Harumnya Kopi Tiam di Kota Batam, Mau?

Dengan laju ekonomi yang begitu cepat, Batam dikenal sebagai tempat bermukim berbagai suku bangsa. Warga Batam sendiri sudah banyak yang menguasai bahasa Inggris, karena sering berinteraksi dengan orang Singapura, Malaysia, dan lain-lain.

Nah, dengan kondisi yang metropolitan tersebut tentu saja layak bila rumah makan dan kafedi Batam menawarkan makanan khas berbagai daerah, misalnya Restoran Padang, Melayu, Cina dan lain-lain. Salah satunya yang layak dikunjungi adalah  KopiTiam Batam.

kopi1

(sumber : enjoybatam.com)

Kopi Tiam adalah kedai kopi dan sarapan tradisional khas Malaysia dan Singapura.Di Indonesia, Kopi Tiam ini banyak dijumpai terutama di kota Batam, Pekanbaru, dan Medan.

Istilah Kopi Tiam merupakan gabungan kata kopi (bahasa Melayu) dan kata tiam (店) kedai dalam bahasa Hokkien. Makanan yang disajikan pun beragam, selain minuman seperti kopi, teh, atau Milo. Anda bisa menemukan sajian sederhana, seperti roti bakar dengan selai srikaya serta telur rebus.

Kopi Tiam tradisional ini lalu ditiru oleh “Kopi Tiam baru” yang merupakan rumah makan siap saji bergaya Kopi Tiam. Kopi Tiam modern seperti Killiney KopiTiam menjadi  pesaing kedai kopi internasional seperti The Coffee Bean & Tea Leaf atau Starbucks.

Killiney Kopi Tiam ini juga menyuguhkan kopi selera lokal dengan harga yang relatif lebih murah. Kopi Tiam modern ini menyajikan menu makan siang dan malam seperti Laksa Singapura dan mie goreng Singapura , selain menu standar roti bakar isi selai srikaya untuk sarapan. Untuk minuman tersedia sajian inovatif seperti coffee Cincau dan  Milo Float khas Killiney Kopi Tiam.

kopi2

(sumber : opensnap.com)

Lalu bagaimana dengan Kopi Tiam tradisional di Batam? Setiap Kopi Tiam di Batam menawarkan berbagai makanan dan minuman yang lezat. Kita bisa dengan mudah menemukan Kopi Tiam di banyak tempat di Batam.

Salah satu Kopi Tiam yang dikenal enak yaitu Kopi Tiam Seloka di depan Pasar Mitra Batam Centre. Suasananya tak pernah sepi pengunjung.Anda bisa menikmati teh tarik ditemani berbagai menu makanan yang disajikan seperti ketupat sayur padang, nasi ayam hainan, atau roti prata. Sebagian besar adalah menu Melayu dan Singapura.

Sementara Anambas Kopi Tiam yang ‎ ‎mengusung konsep masakan khas Tarempa, Anambas di kepulauan Riau.Bebagai masakan khas Tarempa disajikan di sini seperti Mie Anambas serta Mie Sagu yang terbuat dari bahan dasar Sagu dengan harga terjangkau.

kopi3

Luti Gendang

(sumber : resepdanmasakan.com)

Ada juga nasi dagang dan Luti Gendang yang merupakan jajanan khas Anambas. Anda juga bisa mencicipi es Thai Tea dengan harga yang relatif lebih murah dibandingkan di Kopi Tiam modern di mal-mal. Jangan salah Es Bandung Lengkong pun ada di sini!

Jadi bagaimana, apakah Anda tertarik untuk mencicipi menu sarapan pagi di Kopi Tiam tradisional dan modern di kota Batam ini? Kalau begitu Anda bisa segera booking hotel murah di Batam di jaringan hotel AiryRooms.

airy
Fasilitas yang diberikan lengkap mulai kamar ber-AC dengan tempat tidur yang bersih, perlengkapan mandi, air panas, hingga air minum gratis. Untuk sarana hiburan Anda bisa menikmati TV layar datar serta WiFi gratis.

Anda juga bisa booking melalui website resmi Airy Rooms, aplikasi Android dan iOS.  Pembayarannya pun bisa ditransfer dengan mudah. Selamat berburu menikmati sensasi keharuman sajian Kopi Tiam di Kota Batam!

Leave a Reply