Mencegah Bayi Bingung Puting

Kita semua sepakat bahwa ASI merupakan nutrisi terbaik bagi bayi setidaknya hingga usia 6 bulan. Bahkan WHO menganjurkan memberikan ASI eksklusif selama 6 bulan. Selanjutnya tetap diberikan ASI sampai 2 tahun dan juga MPASI (makanan pendamping ASI). Saya mengalami periode drama memberikan ASI terutama di 3 bulan pertama. Masalahnya waktu itu adalah puting saya agak masuk sehingga agak susah bagi Abin untuk melekat dengan sempurna. Tapi saya tidak menyerah dan terus berusaha karena saya yakin ASI saya nanti keluar. Akhirnya saya membeli nipple shild untuk memancing puting keluar, makan bermacam booster ASI, memerah ASI dengan memompanya, makan-makanan enak, ga memikirkan hal-hal yang memberatkan, berusaha selalu happy, mencoba terus menyusi secara langsung dan alhamdulillah usaha keras tersebut perlahan-lahan membuahkan hasil. Alhamdulillah juga, Abin sangat membantu ibunya. Ya Allah, seneng banget pas Abin berusaha keras menyusi secara langsung dan lepas dari nipple shild. Karena proses menyusui langsung menurut saya itu sangat indah, dimana saya bisa berdekatan dengannya secara langsung. Kami bisa saling merasakan detak jantung masing-masing, saling menatap dan Insya Allah bisa meningkatkan bonding kita berdua.

Satu hal yang sangat saya takutkan, yaitu Abin akan mengalami bingung puting karena kenal dot tidak terjadi setidaknya hingga saat ini usianya mencapai 5 bulan. Mudah-mudah seterusnya ya Nak. Bener deh, anak ini sangat kooperatif membantu ibunya memberikan ASI semampu yang ibunya bisa. Pun ketika saya berikan ASI perah, Abin ga rewel.

Bingung puting adalah kondisi dimana anak menolak menyusui langsung pada ibunya karena dikenalkan dot sejak dini. Katanya tekstur payudara ibu dan dot berbeda dimana tanpa bersusah payah, dot akan mengalirkan ASIP dengan sendirinya. Beda dengan payudara, dimana bayi harus berusaha agar aliran ASI sampai ke mulutnya. Banyak yang akhirnya ibu menjadi ibu eping atau exclusive pumping karena kondisi anaknya tersebut. Makanya banyak yang menyarankan untuk menggunakan media selain dot dalam pemberian ASIP untuk bayinya seperti cup feeder, sendok, spuit dll. Ketika saya lihat kondisi Abin yang tidak mengalami bingung puting, saya menduga salah satu faktornya adalah pemberian botol yang tepat. Ya, sejak awal saya memilihkan Botol natural wide neck Philips AVENT untuk Abin.

Pintar pegang sendiri

Pintar pegang sendiri

Berikut beberapa alasan mengapa botol ini bisa mencegah bingung puting :

  • Mempunyai katup anti kolik yang canggih: Kolik merupakan masalah umum yang terjadi pada bayi. Desain katup yang inovatif mencegah kolik dan ketidaknyamanan pada bayi
  • Melekat secara natural : Nipple botol yang lebar seperdi payudara ibu memudahkan bayi untuk tetap bisa menyusui langsung selain menggunakan botol (no bingung puting)
  • Bentuk ergonomis : Bentuk yang sangat nyaman, mudah untuk dipegang bahkan untuk bayi yang mempunyai tangan kecil
  • BPA Free
  • Mudah digunakan dan dibersihkan
  • Hanya terdiri dari beberapa bagian untuk penggunaan yang cepat dan mudah
  • Kompatible dengan produk Philips Avent Lainnya
  • Dipercaya para ibu sejak tahun 1984
Compatible dengan jenis botol lain

Compatible dengan jenis botol lain

 

3

Sesuai dengan usia

4

Sahabat setia Philips Avent

Terima kasih Philips Avent!

One comment

Leave a Reply