Memulai Bisnis Online dengan 5W1H

Tanggal 8 Desember 2015 lalu, saya berkesempatan menghadiri undangan dari Samsung Electronics Indonesia bersama Yoris Sebastian, yang meluncurkan buku berjudul 5W1H Jurus-jurus Memulai Bisnis Online. Saya berangkat naik KRL dari stasiun Cakung. Kemudian transit di Manggarai dan lanjut ke Cawang. Dari stasiun Cawang, saya naik ojek. Namun di tengah jalan hujan, akhirnya saya melanjutkan perjalanan menggunakan taksi. Karena macet, saya pun turun dan berganti ke ojek (lagi). Akhirnya tiba juga di The Hook, tempat di laksanakannya acara.

Yoris Sebastian, pemilik OMG Consulting meluncurkan buku terbarunya yang berjudul “5W1H Jurus-Jurus Memulai Bisnis Online”. Buku ini mengangkat kisah dan tips sukses dari beberapa pelaku bisnis online seperti Dian Sastro, Wahyu Aditya dll. Buku ini juga memberikan panduan bisnis online dengan menjawab pertanyaan “5W1H”, yaitu Who I’m I? What I’m offering? Why does it matters? Whom are we talking to? dan When is the right time? dan How to attract costumer? yang menarik juga buku ini di sertai dengan worksheet yang bisa kita isi, bahkan untuk yang belum memulai bisnis online sekalipun.

Tampak dalam gambar (ki-ka): Lucky Sebastian, Android Expert; Dian Sastrowardoyo, aktris sekaligus pemilik bisnis online 3skinny minnies; Vebbyna Kaunang, Marketing Director IT&Mobile Samsung Electronics Indonesia; Yoris Sebastian, penulis dan pemilik Creative Junkies, dan Siti Gretiani, General Manager Penerbit Gramedia Pustaka Utama pada diskusi bedah buku.

Tampak dalam gambar (ki-ka): Lucky Sebastian, Android Expert; Dian Sastrowardoyo, aktris sekaligus pemilik bisnis online 3skinny minnies; Vebbyna Kaunang, Marketing Director IT&Mobile Samsung Electronics Indonesia; Yoris Sebastian, penulis dan pemilik Creative Junkies, dan Siti Gretiani, General Manager Penerbit Gramedia Pustaka Utama pada diskusi bedah buku.

Bisnis online memang sedang menjamur di berbagai belahan dunia, tak terkecuali di Indonesia. Jika dahulu, membuka bisnis maka kita harus memikirkan toko fisik, maka dengan kemudahan internet, hal tersebut menjadi tidak wajib lagi. Yoris mengatakan, sosial media juga membantu naiknya tren bisnis online. Tak terkecuali Dian Sastro, artis dan juga pelaku bisnis online. Dian mengatakan, dalam membuat bisnis online kita harus mengenal siapa diri kita sehingga bisa lebih mudah dalam menentukan bisnis yang akan kita tekuni. Seperti Dian, yang membuat bisnis online catering diet bersama teman-temannya yang di beri nama 3skinnyminnies. Awalnya Dian merupakan konsumen catering diet, namun dia merasa kurang puas, sehingga berinisiatif membuka bisnis catering diet sendiri dengan bantuan teman-temannya yang memang jago memasak. Hanya dengan bermodal sosial media, bisnis online terus berkembang dan sudah melayani ratusan pelanggan setiap minggunya. Cara pemasarannya pun cukup simple, yaitu Dian rajin memposting foto menu catering dietnya di instagram @therealsastr yang otomatis bisa dilihat oleh jutaan followersnya. Dian juga berpesan untuk tidak tag masal dalam menjual produk kita. Saat ini peluang bisnis online masih sangat terbuka lebar. Hanya tinggal niat dan komitmen yang kuat untuk menjalaninya.

Dian Sastro&Yoris Sebastian

Dian Sastro&Yoris Sebastian

Di sisi lain, “Samsung memiliki komitmen untuk terus mengerti kebutuhan konsumen dan salah satunya dengan mendukung tren yang ada dimasyarakat saat ini yaitu bisnis online”, ujar Vebbyna Kaunang selaku Marketing Director IT&Mobile Samsung Electronics Indonesia. Selain produk yang OK, dalam bisnis online tentunya penampakan produk harus di dukung oleh gadget yang OK, sehingga bisa menampilkan gambar dengan kualitas prima. Salah satunya adalah dengan menggunakan Samsung Note 5. Yoris pun mengaku, buku yang di tulisnya sangat terbantu dengan menggunakan fitur-fitur yang ada di Samsung Note 5. Tips Yoris lain adalah pelaku bisnis online perlu memperhatikan kekuatan cerita di balik usahanya. Nah, kayaknya saya harus bisa lebih mengangkat cerita di balik produk yang dibuat oleh SiswaWirausaha lagi nih.

Pengamat teknologi, Lucky Sebastian juga memberikan saran agar memposting foto produk dengan kualitas bagus. Saat inipun aplikasi edit photo juga bisa kita instal di smartphone langsung, tanpa perlu lagi membuka photoshop di Laptop. Hal tersebut tentu saja mempermudah pelaku bisnis online.

Buku yang terdiri dari 144 halaman ini ditulis oleh Yoris Sebastian (Creative Junkies) dan di terbitkan oleh Gramedia. Samsung berkomitmen untuk terus mendukung tren yang ada pada masyarakat saat ini, seperti bisnis online. Buku yang diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama akan tersedia awal Januari 2016 dengan harga Rp 53.000. Yuk dapatkan segera ya nanti!

w/ Yoris. Source: Harismaul

w/ Yoris. Source: Harismaul

w/ Disas, source: Harismaul

w/ Disas, source: Harismaul

10 comments

  1. Oline says:

    Wooww… perjuanganmu susi.. dr naik ojek – kereta – taksi – ojek maning 🙂 tapi lelahnya terbayar yah udah ketemu dian sastro. Pouchnya juga udah sampe ya ke dian sastro 🙂
    Jadi pengen punya juga bukunya mas Yoris yang baru ini..

Leave a Reply