Lebaran di Bulan Istimewa

Moment ramadhan dan lebaran selalu menjadi moment yang istimewa untuk umat Islam di seluruh dunia, termasuk saya. Namun ramadhan dan lebaran 1416H menjadi lebih baik dan spesial untuk saya. Lebaran tahun ini jatuh di bulan Juli, bulan yang istimewa untuk saya. Banyak moment istimewa yang terjadi. Beberapa di antaranya adalah:

Ramadhan dan lebaran tahun pertama saya dengan status baru sebagai istri. Saya menikah 31 Agustus 2014, jadi tahun ini pertama kalinya kami bisa beribadah bersama. Bahagia rasanya bisa menikmati moment puasa bareng. Buka puasa dan sahur bersama. Saya memasak untuk hidangan berbuka suami dan itu rasanya priceless. Meskipun hidangan yang di sajikan ala kadarnya, namun itu tidak mengurangi kebahagiaan kami. Alhamdulillah, moment ramadhan tahun ini bisa mengupgrade kemampuan memasak saya, karena saya semaksimal mungkin sore sudah tiba dirumah untuk menyiapkan hidangan berbuka. Ini contoh hasil masakan saya ^^

masakanku

Puasa dan lebaran tahun pertama saya dengan dalam keadaan mengandung dan tamat. Sejak awal saya bertekad puasa, meskipun ibu yang sedang hamil/menyusui mempunyai keringanan untuk tidak berpuasa. Bulan ramadhan tahn ini kandungan saya memasuki usia 7 bulan dan alhamdulillah tamat sampai akhir. Saya bersyukur dan beruntung sekali dimasa kehamilan ini tidak mengalami masalah berarti. Banyak ibu hamil mengalami masalah seperti mual dan muntah yang berlebihan, lemas sehingga banyak menyulitkan aktivitasnya bahkan ada yang terkadang hanya bisa berbaring di tempat tidur. Yang penting asupan makan harus mengandung 4 sehat 5 sempurna, perbanyak minum air putih serta cukup istirahat. Vitamin dan susu jangan lupa ya^^

Amunisi saat hamil

Amunisi saat hamil

Ramadhan dan lebaran istimewa dalam menggawangi SMK Ginus Itaco. Akhir Juni lalu, saya sangat galau. Mengapa? karena waktu sewa tempat untuk sekolah habis dan saya belum tau mau dibawa pindah kemana sekolah ini. Sekolah ini merupakan sekolah swadaya dan masih mengantungkan pembiayaan dari donatur dan orang tua asuh. Alhamdulillah kemudian kami bertemu dengan pengelola sebuah sekolah yang bisa kami ajak kerjasama. Saya kemudian mengajukan proposal untuk renovasi kelas ke seseorang dan alhamdulillah di setujui. Bahkan beliau juga mendukung untuk kegiatan santunan yatim/dhuafa serta garage sale dan buka puasa bersama. Saya jadi lebih bersemangat untuk mencari siswa pra sejahtera yang sekiranya perlu kami carikan orang tua asuh untuk tetep bersekolah. Kami menyusuri gang-gang dan perkampungan kecil untuk melakukan survey langsung kerumahnya dan memang kondisi mereka cukup memprihatinkan. Alhamdulillah, tanggal 5 Juli 2015 terlaksana juga kegiatan santunan, pesantren kilat, garage sale dan buka bersama dengan dukungan banyak pihak.

Lebaran pertama mudik ke tempat suami. Tahun ini adalah moment pertama saya mudik ke tempat suami di Sukoharjo dan pertama kalinya ga lebaran hari pertama sama keluarga. Tapi saya tetap beryukur, karena kini nambah keluarga baru dari suami. Kami berangkat seminggu sebelum Idul Fitri, jadi bisa merasakan juga suasana ramadhan disana. Disana saya tidak terlalu sering keluar karena kondisi, hanya membantu menyiapkan makanan, sholat subuh berjamaah sama ibu mertua di mesjid, lanjut mengaji dan pagi-pagi jalan kaki menyusuri sawah ditemani suami. Moment lebaran yang berkesan selepas sholat ied adalah tradisi sungkeman dengan mengucapkan bahasa jawa. Sayang saya belum berhasil menghapalnya, mudah-mudahan tahun depan udah bisa. Selain itu seperti tradisi pada umumnya adalah saling berkunjung untuk bersilaturahmi dan meminta maaf.

Ulang tahun di bulan Istimewa. Sayangnya saya dan suami di hari kedua lebaran harus balik lagi ke Bekasi. Mengapa? karena keluargaku akan mudik ke Kuningan, jadi saya dan suami gantian untuk menjaga nenek yang sudah sepuh dirumah. Nah, beberapa hari setelah idul fitri, tepatnya 22 Juli saya genap berusia 30 tahun (udah tua ya:p), alhamdulillah meski berdua sama suami tak mengurangi kebahagiaan saya dan inilah moment pertama juga ulang tahun dengan menyandang status sebagai isteri dan calon ibu. Doa dari keluarga, siswa dan teman terus mengalir. Semoga di usia kepala 3 ini, saya bisa menjadi lebih baik dan bermanfaat untuk semua. Aamiin..

Saat ini kami sedang menantikan lahirnya buah cinta yang pertama. Kami berharap agar berkah ramadhan terus mengalir di bulan-bulan selanjutnya. Semoga kami bisa menjaga amanah terindah dari Allah SWT ini. Dengan bertambahnya anggota keluarga baru, saya harus lebih bisa merencanakan keuangan dengan baik. Salah satu impian saya sejak dulu adalah menjadi financial planner, selain bermanfaat untuk keluarga juga ingin berbagi pengetahuan hal yang penting ini ke siswa dan keluarganya. Saya dan suami ingin mempunyai asuransi jiwa dan investasi lebih baik yang tentunya hal tersebut akan sangat bermanfaat untuk masa depan Sejak dulu saya ingin ikut keanggotaan asuransi jiwa term life di Sunlife Indonesia, sayang sampai saat ini belum terlaksana. Padahal saya tau, bahwa semakin bertambah usia, maka premi akan semakin besar. Semoga setelah melahirkan, salah satu keinginan saya bisa terkabul. Aamiin..

Hal lain yang saat ini sedang di rintis adalah ingin memperbesar siswa wirausaha.  Kegiatan kewirausahaan ini bertujuan untuk membantu biaya pendidikan mereka. Usaha terbaru yang sedang kami rintis adalah di bidang jahit menjahit. Kami sudah membuat mukena dan akan menyusul daster, pouch dll. Alhamdulillah beberapa pesanan sudah masuk. Saat ini siswa sedang giat belajar menjahit, sehingga nantinya kami bisa menerima berbagai jenis pesanan di bidang fashion. Doakan ya:)

Tubagus sedang menjahit

Siswa sedang menjahit

Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba Blog Competition Lebaran #LEBIHBAIK

info lengkap disini. 

22 comments

  1. Noe says:

    Waah, ultah di bln agustus, nikah akhir agustus, moga baby lahir agustus juga, n itaco makin suksees… Aamiin… Agar lengkap lah kebahagianmu di bln agustus 🙂

Leave a Reply