Langkah Menjadi One Step Ahead Mum

29 April lalu, saya sangat beruntung berkesempatan untuk hadir mengikuti acara talkshow persembahan Nutrilon Royal bertema “Sudahkah Anda Menjadi Ibu yang Selangkah Lebih Maju?” yang mengambil tempat di Main Hall Galeri Bursa Efek Indonesia. Acara ini penting sekali buat saya khususnya karena mengangkat cara bagaimana menjadi One Step Ahead Mum yang di tinjau dari berbagai aspek yaitu psikolog, pakar tumbuh kembang, praktisi pendidikan dan juga perencana keuangan. Saya yang mempunyai anak 8 bulan, ingin menjadi one step ahead mum untuk anak, Abin. Seneng deh bisa menyaksikan setiap tumbuh kembangnya sampai diusianya saat ini. Menyaksikan hal-hal baru setiap harinya. Kami sebagai orang tua, tentu ingin yang terbaik untuk anak kami dan sebagai orang tua pun jangan pernah berhenti belajar.

Paling seneng pegang setir

Paling seneng pegang setir

Nutrilon menyadari bahwa di balik kesuksesan seorang anak, terdapat peran ibu yang begitu besar. Apalagi saat ini perkembangan teknologi begitu pesat, kita harus selangkah lebih maju agar kelak mereka bisa menggapai kesuksesan. Mr. Danish Rahman, Marketing Director PT. Nutricia Indonesia Sejahtera mengatakan “Nutrilon Royal mendukung dan mengajak para ibu untuk menjadi One Step Shead Mum, yang tidak hanya selalu memberi yang terbaik untuk anaknya, tapi juga selangkah lebih maju dalam merencanakan keberhasilannya dengan cara : menemukan potensi diri anak, merencanakan pendidikan dan persiapan dana yang tepat dan matang dan nutrisi yang sesuai dengan tumbuh kembangnya”. 

Narasumber yang ciamik

Narasumber yang ciamik

Sesi selanjutnya adalah Talkshow yang membahas bagaimana menjadi One Step Ahead Mum, yang dipandu oleh news anchor cantik, Cheryl Tanzil dan empat narasumber yaitu Dr.Bernie sebagai pakar tumbuh kembang anak, Drh. Damayanti sebagai praktisi pendidikan, Ajeng Raviando, P. Si sebagai psikolog anak dan juga Ligwina Hananto sebagai financial planner. Dr Bernie menjelaskan pentingnya pemantauan tumbuh kembang anak serta memenuhi kebutuhan dan stimulus yang tepat. Menurutnya faktor yang berkembang dalam tumbuh kembang anak adalah :

  • Genetik
  • Nutrisi : ASI, MPASI, makanan seimbang
  • Lingkungan : Pola pengasuhan, stimulasi, psikologis, kesehatan dan imunisasi

Area tumbuh kembang anak sendiri terdiri atas : motorik kasar, bahasa, sosial dan motorik halus. Semuanya memerlukan stimulus dan asupan nutrisi yang tepat. Sebagai ibu kita harus memastikan bahwa anak kita mendapatkan nutrisi yang seimbang. Pemberian nutrisi yang baik dan seimbang akan berdampak positif terhadap kesehatan, perkembangan otak, imunitas dan pertumbuhan anak sehingga anak akan dapat memaksimalkan potensinya dengan baik.

Narasumber selanjutnya adalah Mb Ajeng sebagai psikolog anak. Mb Ajeng mengungkapkan bahwa dalam merencanakan masa depan anak, salah satu aspek penting yang perlu dilakukan adalah mengidentifikasi potensi anak dimana kita mengenal 8 tipe kecerdasan majemuk. Nah, selanjutnya dari situ kita bisa mengoptimalkannya. Kecerdasan bukanlah sesuatu yang bersifat tetap, melainkan kumpulan kemampuan atau keterampilan yang dapat dikembangkan karena pada dasarnya setiap anak cerdas. Menurutnya pula, untuk menjadi anak selangkah lebih maju harus mempunyai kecerdasan intrapersonal, yaitu kemampuan untuk memahami diri sendiri yang akan membantunya menghadapi berbagai situasi dan kondisi. Cara menjadi One Step Ahead Mum menurutnya adalah :

IMG_2372

Selanjutnya adalah materi tentang “Selangkah lebih maju dalam memilih pendidikan anak” Oleh Drh. Damayanti Jusuf, M. Sc, Ph.D dari SD Kupu-Kupu. Dalam memilih pendidikan untuk anak, maka kita harus memperhatikan visi keluarga, kondisi keluarga, kondisi anak, kurikulum, orientasi sekolah dll. Ibu harus bisa memilih sekolah yang tepat, memberikan pendampingan hingga menyesuaikan dengan gaya belajar anak. Apakah itu kinestetik, verbal atau linguistik. Disamping itu, ibu juga harus mengarahkan anak untuk mengikuti berbagai aktivitas di luar sekolah yang dapat memaksimalkan potensi anak. Penting juga mengajarkan gaya hidup sehat, memberikan praise & reward serta punishment. Pesannya adalah : Anak titipan tuhan, jaga sebaik mungkin dan orang tua harus selangkah lebih maju dalam memilih pendidikan anak. Thank you mb pesannya.

Pemateri terakhir adalah Ligwina Hananto, seorang financial planner. Mb Wina mengatakan bahwa dalam merencanakan masa depan anak adalah perencanaan menyiapkan dana pendidikan anak agar masalah dana tidak menjadi kendala yang menghalangi anak meraih cita-citanya. Mb Wina menganjurkan bahwa untuk menjadi One Step Ahead Mum, kita harus mengerti tentang investasi karena meabung saja tidak cukup! kita bisa memilih untuk investasi di reksadana, logam mulia, ORI, properti dll. Tips dari Mb Wina dalam menyiapkan pendidikan anak adalah :

  • Tentukan sekolah dimana
  • Cari tau berapa biayanya
  • Jangka waktu untuk mulai masuk sekolah dan lamanya pendidikan
  • Hitung kebutuhkan di masa mendatang
  • Siapkan dana mulai sekarang
  • Investasi sesuai profil resiko

Di acara tersebut juga ada sharing dari Astrid Suryatenggara yang mendampingi anaknya, Chef Revo (Junior Masterchef Indonesia) yang mendulang banyak prestasi di usianya yang masih muda, 13 tahun. Astrid sudah menyiapkan rencana untuk puteranya yang diawali dengan mencari tahu apa yang menjadi kesukaannya, mempersiapkan hal-hal yang dibutuhkan dalam mengambangkan minat dan bakatnya, mendukungnya serta menegurnya jika melenceng.

Wih, bergizi sekali talkshow kali ini. Saya sangat memberikan apresiasi terhadap Nutrilon Royal yang mengajak ibu di Indonesia untuk selangkah lebih maju dalam hal pola pengasuhan anak yang dapat dipelajari dengan mudah dan menyenangkan melalui info dan tips dari para ahli di nutriclub.co.id, Facebook : Nutriclub Indonesia dan Twitter @Nutriclub_ID. Disana saya juga mengikuti sebuah kuis di http://www.nutriclub.co.id/onestepahead untuk membuktikan apakah saya sudah selangkah lebih maju untuk meraih sukses si kecil di masa depan. Ikutan juga yuk kuisnya siapa tau beruntung mendapatkan tabungan 7 juta rupiah untuk persiapan masa depan di kecil 🙂IMG_2599

Geng one steap ahead mum

Geng one steap ahead mum

 

13 comments

  1. Swasti larasitta says:

    Bukan hanya pendidikan yang diberikan seorang ibu namun sikap empati serta kasih sayang terhadap hewan juga penting, sejak dini diajarkan untuk sayang hewan minimal tidak diajarkan menyakiti agar kedepannya tidak seperti remaja kebanyakan ini.
    Jika ibu tidak suka hewan minimal tidak tularkan ketidak sukaan itu terhadap anak #onestepahead

Leave a Reply