Ikuti CMA, Ajang Penghargaan bagi Pengusaha Mikro Berprestasi

Minggu lalu, saya berkesempatan hadir dalam acara media briefing “Citi Microentrepreneurship Awards” dengan tema Perkuat Pengusaha Mikro Indonesia di Era Masyarakat Ekonomi Asean” yang di selenggarakan oleh Citi Peka dalam naungan Citi Foundation, Citibank Indonesia. Citi Microentrepreneurship Award disingkat CMA merupakan ajang penghargaan bagi pengusaha mikro berprestasi Indonesia yang diselenggarakan oleh Citibank. Di Indonesia, program tahunan yang sudah memasuki thn ke-12 ini merupakan bagian dari payung program CSR Citibank bernama #CitiPeka (Citi peduli&berkarya). Program ini sejalan dengan salah satu pilar CSR #Citi yaitu inklusi keuangan.

Acara dibuka oleh sambutan dari Country Head Corporate Affairs Citi Indonesia, Ibu Elvera N Makki (@vera_makki). Ibu Vera mengatakan bahwa melalui kompetisi ini bertujuan untuk mendorong peningkatan inklusi keuangan yang juga mendukung program pemerintah Strategi Nasional Keuangan Insklusif @ojkindonesia (Otoritas Jasa Keuangan). Melalui program Citi Peka, Citi memiliki komitmen untuk mendukung pengusaha mikro berpenghasilan rendah dan memberikan penghargaan kepada mereka yang berprestasi sebagai upaya peningkatan inklusi keuangan di Indonesia. Penghargaan diberikan bagi pengusaha mikro yang berupaya menyediakan kesejahteraan ekonomi berkesinambungan bagi keluarga dan komunitas sekitarnya.

Sambutan Ibu Vera Makki

Sambutan Ibu Vera Makki

Pemaparan lain diungkapan oleh Bapak Auza Djamil Hakim, tenaga ahli direksi LPDB-KUMKM membahas tentang Solusi Pembiayaan Bagi UMKM&Koperasi. LPDB merupakan satuan kerja KUKM di bidang pembiayaan yang mengelola dana bergulir untuk perkuatan permodalan bagi koperasi & UKM. Tujuan LPDB adalah perkuatan modal UKM, menurunkan kemiskinan, pengangguran & perkuatan ekonomi nasional. Sumber dana LPDB berasal dari alokasi APBN & sudah mempunyai 4.000 mitra. Persyaratan pinjaman LPDB: berbadan hukum & minimal 2 tahun, legalitas usaha, kinerja baik (SHU positif, melaksanakan RAT & lap keu positif). Pak Auza memberikan apresiasi positif atas diselenggarakannya CMA, sebagai salah satu wadah untuk memunculkan pengusaha mikro yang potensial.

Andi Ikhwan selaku Program Director Agrilucture and Financial Services Mercy Corps Indonesia menambahkan bahwa ajang CMA memberikan kesempatan untuk memperoleh pembekalan, bimbingan, serta memperluas jejaring guna mengambangkan usaha kedepannya. Hal itu pula yang dirasakan Bapak Kusnodin, selaku Pemenang Wirausaha Mikro Terbaik 2012. Setelah ajang CMA, hal yang paling dirasakannya adalah networking untuk membuka peluang promosi usahanya. Pak Kusnodin memanfaatkan kaleng bekas untuk membuat hiasan yang mempunyai nilai jual tinggi. Saat ini usaha Pak Kusnodin dibantu oleh beberapa ibu rumah tangga dari lingkungan sekitarnya.

Pak Kusnodin sedang menunjukkan karyanya

Pak Kusnodin sedang menunjukkan karyanya

Penghargaan CMA 2017 diberikan kepada para pemenang yang terbagi ke dalam 5 (lima) kategori, yaitu : (1) Green Mircoentrepreneur, (2) Agriculture Mircoentrepreneur, (3) Service Microentrepreneur, (4) Fishery Microentrepreneur, (5) dan Creative Mircoentrepreneur. Selain itu, terdapat pula 3 penghargaan khusus, yaitu (1) Young Microentrepreneur, (2) Microentrepreneur of the Year, dan (3) Best Woman Microentrepreneur. Pendaftaran CMA ini dibuka hingga 14 Februari 2017.

Syarat mengikuti CMA adalah :

  • Wirausahawan mikro merupakan nasabah atau anggota Lembaga Keuangan Mikro (LKM) seperti BPR, BPR Syariah, Koperasi, Baitul Mal wat Tamwil, Credit Union atau Venture Capital
  • Jika LKM mengajukan lebih dari 2 aplikasi, maka harus sedikitnya 1 wirausaha muda dan 1 wirausaha perempuan
  • WNI usia 18 tahun ke atas
  • Usaha yang didaftarkan telah beroperasi minimal 2 tahun
  • Usaha tersebut harus merupakan sumber pamasukan utama bagi pemohon
  • Nilai aset bersih usaha maksimal senilai 50 juta, tidak termasuk tanah dan bangunan
  • Pendapatan tahunan maksimal 3000 juta per tahun
  • Pelamar bukan merupakan finalis CMA di tahun-tahun sebelumnya

Yang mau ikutan bisa unduh formulir pendaftaran di : https://goo.gl/EBWZin

Facebook : fb.com/CMA.id

Twitter : twitter.com/CMA_Indonesia

Instagram : instagram.com/cma_indonesia

infocma2016@id.mercycorps.org / 08176675188

Jangan lupa daftar yaaa

 

One comment

Leave a Reply