Fase Growth Spurt Pada Bayi

Abinaya ngantuk

Abinaya ngantuk

Beberapa minggu setelah melahirkan, Abin tiba-tiba lebih sering melek karena frekuensi menyusu yang sangat panjang dan terus menerus seolah tidak ada kenyangnya. Bahkan rekor loh dia menyusu sampai 7 jam. Maunya nempel terus dan nangis jika di lepas. Aku hampir susah melakukan kegiatan lain. Mandi, beberes rumah, buka laptop bener-bener susah dilakukan. Makan pun terkadang di lakukan sambil menyusui. Aku sangat khawatir melihat kondisi ini bahkan terkadang menangis. Bukan apa-apa, aku khawatir karena jam tidurnya sedikit sekali sehingga aku khawatir dia akan jatuh sakit karena kurang istirahat. Kemudian saya bertanya ke sebuah grup menyusui dan saya mendapat jawaban dari seorang member bahwa kemungkinan Abin sedang mengalami fase growth spurt.

Ohh.. ini ternyata penyebabnya. Growth spurt secara sederhana adalah  masa percepatan pertumbuhan bayi, baik dari ukuran maupun berat tubuh. Periode ini biasanya muncul 2-7 hari. Tapi Abin mengalami ini hingga beberapa minggu. Bahkan pada beberapa bayi, di sertai dengan rewel dan sering menangis. Untunglah, Abin ga rewel. Fase ini rata-rata terjadi saat bayi berusia 3–6 minggu, 3 bulan, 6 bulan dan 9 bulan. Karena bayi sedang mengalami percepatan pertumbuhan, maka sel-sel bayi tumbuh dan bertambah begitu cepat. Untuk proses ini, butuh asupan nutrisi yang tinggi. Karena itulah, anak seolah lapar terus.

Tetap positif thinking karena kita harus tetap menjaga mood tetap baik. Mood tersebut sangat berhubungan dengan hormon oksitosin. Ikut beristirahat ketika bayi tidur dan makan dengan nutrisi yang baik sehingga memperlancar produksi ASI yang sedang banyak dibutuhkan oleh bayi. Jadi selama bayi ga mununjukkan tanda-tanda sakit, kita ikutin aja fase tersebut.

2 comments

Leave a Reply