Empat Kegiatan Seru di Bali yang Harus Kamu Coba

 Dunia ini ibarat sebuah buku dan bagi mereka yang tidak pernah traveling seperti hanya membaca satu halaman saja.” ~ St. Augustine

Saya percaya dengan ucapan tersebut, itulah mengapa saya menyukai travelling, meskipun kadang dengan budget pas-pasan dan sendirian (pas lajang hihi). Saya kurang setuju jika ada yang mengatakan bahwa travelling hanya menghabiskan uang, karena menurut saya travelling adalah investasi pengalaman. Saya bisa memperluas wawasan dan budaya berbeda. Biasanya saya lebih senang mengeksplorasi tempat mulai dari budaya, makanan, masyarakatnya dll. Travelling merupakan kegiatan yang mencerahkan, memperluas networking, belajar “Real life” dan menambah perspektif sehingga berfikiran lebih terbuka dan bisa lebih menghargai keindahan alam dan orang lain.

Banyak tempat-tempat yang masuk daftar yang ingin saya kunjungi, dan prioritas saya pertama adalah Bali. Alasan utamanya apa? ya karena belum pernah hihi.

Siapa sih yang ga tau Bali. Pulau Dewata satu ini sangat terkenal seantero dunia. Bali sangat terkenal dengan budayanya, alamnya, makanannya dan juga keramahan orang-orangnya. Saya sering membaca cerita seru dan foto-foto para blogger ketika di Bali.

Nah, seandainya saya punya kesempatan ke Bali, pengennya kemana aja si? Nah, berikut 4 wishlist saya yang mungkin harus kamu coba juga di Bali.

Ke Pantai Atuh di Nusa Penida

Nusa Penida adalah pulau dengan pesona alam yang menakjubkan, banyak pantai dengan panorama indah. Pantai menjadi tempat favorit saya ketika travelling. Udah lama sekali ga liat pantai yang indah. Terakhir adalah ketika sebelum menikah,  saya dan saudara-saudara ke Pulau Harapan di Kepulauan Seribu. Buat saya itu udah indah banget, apalagi kalo di Nusa Penida ya. Nusa Penida terkenal dengan Pantai Kelingking dan Pantai Atuh yang sangat menawan dengan pasir putihnya. Untuk mencapai Pantai Atuh, kalo saya liat videonya, kita harus melakukan trekking menurun. Kebayang, cape trekking akan terbayar lunas melihat keindahan Pantai Atuh yang keindahannya sering diandingkan dengan Raja Ampat di Papua. Karena ga bisa berenang, ya paling mentok-mentoknya berjemur, main air ampe puas dan nikmatin pemandangan yang indah ciptaan-Nya. Wew, pasti tak terlupakan ya gaes. Plus kebayang tuh berapa kalori yang terbakar (teteup) dari trekking ke Pantai Atuh:)

Pantai Atuh

Bali White Water Rafting

Hal lain yang ingin saya coba adalah rafting. Saya suka sekali rafting. Sensasinya itu loh, apalagi pas bagian turun di air diantara bebatuan. Petualangan rafting menggunakan air sungai yang mengalir dari pegunungan. Kebayang dong, jernih banget pasti airnya. Kita menggunakan perahu karet untuk menelusurinya. Ga usah khawatir kalo ga bisa renang kayak saya, karena kita dilengkapi oleh perlengkapan standar internasional seperti life jaket, helm dan waterproof bag. Sepanjang perjalanan kita akan melihat sawah, air terjun, dan melihat bajing dan monyet gelantungan di pohon. Pokoknya back to nature banget. Serunya lagi, kita akan terjun setinggi 3,5m. Uda kebayang serunya kan?

Rafting

Bersepeda di Ubud

Ubud terletak di Gianyar Bali. Apa yang menarik di Ubud? Pemandangan persawahan yang hijau yang sangat menyejukkan mata. Juga Pura yang sangat menarik. Mupeng banget ke Ubud terutama setelah nonton film Eat, Pray, Love yang dibintangin Julia Roberts. Nah, di Ubud enaknya ngapain? Kalo saya sih, demi misi bakar kalori ya pasti mau sepedaan donk sambil menikmati pemandangan Ubud yang menakjubkan.

cr The Lone Travellers

cr Instagram Bali Funky

Belajar di Rumah Berdaya Denpasar

Saat ini saya sedang mengembangkan Siswa Wirausaha, komunitas wirausaha untuk membantu biaya pendidikan siswa kurang mampu. Oleh karena itu, saya harus banyak belajar dari wirausahawan lain. Nah, tentunya menarik jika ke Bali saya harus mengunjungi Rumah Berdaya ini. Rumah Berdaya ini memberdayakan Orang Dengan Skizofrenia (ODS). Mereka melakukan kegiatan sablon, bermain musik, membuat sabun, bernyanyi, membuat dupa, berkebun, membuat tas dan t-shirt. Saya ingin belajar bagaimana pengembangan dari Rumah Berdaya ini dimana produknya sudah bisa masuk ke Pemkot dan juga hotel-hotel di Bali. Pengalaman ini yang pastinya akan bermanfaat untuk Siswa Wirausaha.

cr rumahberdayadensam.com

Nah, gimana seru kan aktifitas pilihan saya di Bali? boleh dicoba juga lo buat temen-temen yang mau ke Bali.

 

63 comments

  1. Dian says:

    Bali itu exsotik, perpaduan kota yang modern dan brbudaya. Benoa dan lovina beaach untuk pilihan water sport. uluwatu tempat romantis untuk melihat sunset….sambil lihat tarian

  2. Baby sitio says:

    Kepengen bgt liburan di bali. Dr dulu impian sy kpngen ke pulau dewata brsama ank dan suami. One day pst trwujud.. Hv fun di bali nanti y mom

  3. Berliana siahaan says:

    Wow info ny sangat bermanfaat sekali apalagi buat saya yang belum pernah sama sekali ke bali bisa jadi bahan buat saya untk bisa eksplor bali tanpa harus sibuk cari info lewat web atau pakai tur guide yang mahal pasti jasanya..thx yah mom buat info nya

Leave a Reply