CMA 2017-2018, Ajang Penghargaan Bagi Pengusaha Mikro dari Citi Foundation

Seluruh finalis. Sumber: Tim dokumentasi CMA 2017-2018

Tentang CMA

Inisiatif Citi Microentrepreneurship Awards (CMA) berasal dari Citi Foundation yang berkantor pusat di New York, Amerika Serikat yang merupakan bagian dari CSR Citi Bank. Citi Foundation merupakan bagian dari Citigroup yang beroperasi di lebih dari 100 negara. CMA diluncurkan sejak tahun 2005 dan diselenggarakan di lebih dari 30 negara sebagai program unggulan Citi. Inisiatif ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kewirausahaan dan keuangan mikro dalam mendukung inklusi keuangan serta penguatan ekonomi individu berpenghasilan rendah. Selama periode penyelenggaraan CMA di Indonesia sejak pertama kali diadakan pada tahun 2005, ajang ini telah menerima pendaftaran hingga 13.000 pengusaha mikro Indonesia serta telah memberikan
penghargaan kepada lebih dari 240 pengusaha mikro.

Ini kali kedua CMA yang bekerja sama dengan Mercy Corps Indonesia. Sebelum acara puncak di Jakarta, acara yang diinisiasi oleh Citi Foundation ini melakukan tour di beberapa kota di Indonesia yang dinamakan Road to CMA 2017-2018. Tahun ini tercatat ada 807 pendaftar, kemudian dipilih lagi 50 semi finalis yang kemudian di seleksi lagi hingga memperoleh 20 finalis. Ke-20 finalis ini kemudian di undang ke Jakarta untuk mengikuti bootcamp dan penjurian akhir untuk memilih 8 pemenang yang terdiri dari 5 kategori  (Agriculture, Art&Creative, Fishery, Service&Culinary, dan Green) dan  dan 3 penghargaan khusus (Best woman, young microentrepreneur dan Microentrepreneur of the year)

Apa syarat dan ketentuannya? simak ya, biasanya ga banyak berubah tiap tahun :

  • Pelamar merupakan nasabah atau anggota LKM. Contoh LKM: Bank Perkreditan Rakyat (BPR), BPR Syariah, Koperasi, Baitul Maal Wat Tamwil (BMT), Credit Union, dan Modal Ventura. (nah menjadi nasabah, ga berarti kita harus pinjam lo, temen-temen bisa nabung juga disini)
  • Warga Negara Indonesia dan berusia lebih dari 18 tahun.
  • Telah menjalankan usahanya di Indonesia minimal selama 2 tahun.
  • Usaha yang didaftarkan merupakan sumber penghasilan utama dari pelamar.
  • Nilai aset usaha maksimal Rp 50 juta, tidak termasuk tanah dan bangunan.
  • Jumlah penjualan tahunan atau omzet sampai Rp 300 juta.
  • Pelamar belum pernah menjadi finalis dalam kompetisi CMA.

Nah, hadiahnya apa? ada 8 hadiah hadiah dari 8 kategori yang bisa didapatkan. Apa aja? kalo tahun 2017-2018 ini, teman-teman berkesempatan mendapatkan Uanag tunai 25 juta, 1 unit smartphone, 1 unit laptop dan yang terpenting mendapatkan mentoring dan coaching usaha. Wow kan!

Jadi teman-teman jangan lupa ikutan ya CMA 2018-2019 yang pendaftarannya akan dibuka Oktober 2018. Pantau terus infonya melalui sosial media dan website CMA berikut ini:

Tentang Citi Indonesia (Citibank, N.A., Indonesia)Citi Foundation merupakan entitas independen yang didanai secara tahunan oleh Citigroup untuk merealisasikan komitmen filantropi Citi dalam pemberdayaan ekonomi serta inklusi finansial untuk masyarakat kecil dan menengah di seluruh negara dimana Citi beroperasi. Citi Foundation memiliki area fokus:

  1. Kesempatan ekonomi untuk kaum muda
  2. Inklusi finansial
  3. Transformasi perkotaan

Diharapkan area fokus ini berkontribusi dalam membangun stabilitas finansial, mengkatalisasi lapangan kerja dan menghasilkan komunitas yang berkembang dan ulet. Di lebih dari 80 negara termasuk di Indonesia, Citi Foundation bekerjasama dengan mitra pelaksana mewujudkan peningkatan ekonomi yang terukur demi peningkatan kapasitas individu, keluarga dan komunitas berpenghasilan rendah. Melalui pendekatan “Lebih dari Filantropi”, sumber daya bisnis dan SDM Citi bekerja sama dalam meningkatkan aksi serta dampak kegiatan filantropi. Karyawan Citi Indonesia secara aktif turut serta dalam kegiatan sosial yang dijalankan perusahaan, kami menyebutnya Citi Volunteers.

Tentang Citi Peka

Didirikan pada tahun 1998, Citi Peka (Peduli dan Berkarya) merupakan payung untuk seluruh kegiatan kemasyarakatan Citi Indonesia, termasuk di dalamnya program yang didanai oleh Citi Foundation, kegiatan Global Community Day (GCD) serta aktivitas sosial tanggap bencana nasional yang merupakan inisiatif Citi Indonesia. Efektif berjalan tahun 1999, program Citi Peka dilaksanakan secara jangka panjang, dan bertujuan untuk mendorong masyarakat sipil untuk berkembang dan memperkuat program pendidikan kemasyarakatan. Citi Peka menjangkau beragam komunitas di berbagai wilayah operasional Citi Indonesia: Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Medan dan Denpasar.

Dengan semangat kepedulian dan berkarya, Citi Peka beserta mitra-mitra pelaksana kami terus hadir dalam berbagai program layanan masyarakat yang edukatif dan inovatif demi tercapainya masyarakat yang cerdas keuangan dan sejahtera.

Saat ini Citi Peka berfokus pada program pemberdayaan dan penghargaan terhadap pengusaha dan lembaga keuangan mikro, peningkatan kemampuan kewirausahaan muda, serta pembangunan kapasitas keuangan bagi anak usia sekolah, petani dan perempuan usia matang.

 

 

Leave a Reply