Cara Aman Belanja Kado Untuk Siswa

Setiap guru mempunyai kesan tersendiri pada siswa-siswanya, begitupun saya. Sejak mengajar pada tahun 2009 di sebuah sekolah, saya berusaha mengenali siswa satu persatu yang jumlahnya ratusan dengan lebih baik dan personal meskipun itu bukan perkara gampang. Minimal saya masih bisa mengingat mayoritas nama mereka meskipun mereka sudah lulus. Namun ternyata memang yang paling mudah diingat adalah siswa yang paling aktif, paling rajin, paling sering bolos dll. Pokoknya yang mempunyai predikat “Paling”.

Waktu berlalu..

Tahun 2012, saya memberanikan diri berinisiatif membuka sekolah kejuruan (SMK) Jurusan Teknik Komputer Jaringan yang bernama SMK Itaco untuk siswa pra sejahtera karena dilatarbelakangi oleh siswa saya yang putus sekolah di tempat saya mengajar sebelumnya. Ternyata saya menemukan 15 anak yang terancam putus sekolah. Itu hanya di beberapa tempat yang saya temukan dan tidak berani mengambil lebih banyak anak karena keterbatasan orang tua asuh yang membantu pembiayaan. Kami juga berusaha mandiri dengan membuka usaha di bawah naungan komunitas Siswa Wirausaha. Usaha yang kami jalankan misalnya jasa desain, pin, mug printing, kaos sablon dll.

Saat ini kami telah memasuki tahun ke-3 dan ada 50 anak yang menjadi amanah. Dengan jumlah siswa yang tidak terlalu banyak memungkinkan saya untuk mengenal lebih dalam dan lebih dekat. Karena sekolah ini masih dalam tahap merintis dalam segala hal dan saya belum mampu membayar orang untuk membantu saya, maka tak jarang saya meminta bantuan siswa. Saya mendapat banyak bantuan dari mereka, namun pasti ada yang paling sering membantu.

Nah, ada satu anak yang cukup sering membantu saya. Namanya Alfiyatun Nikmah atau akrab dipanggil Alfi. Alfi saat ini duduk di kelas 3 SMK. Beberapa bantuan penting yang dilakukannya dengan penuh semangat dan tanpa pamrih antara lain ketika kami bersama-sama berdua menyusui gang demi gang, perkampungan demi perkampungan untuk mencari anak putus sekolah sekaligus survey keadaan ekonomi mereka dan mengajaknya bersekolah. Selanjutnya Alfi juga mampu menjadi leader untuk teman-temannya ketika kami menyelenggarakan seminar wirausaha yang dihadiri oleh 250 dengan menghadirkan 5 CEO dan tentunya sangat membantu saya dalam kegiatan wirausaha yang kami lakukan bahkan rela menemani saya jauh-jauh ke Bojong Gede untuk mengambil kain perca yang akan digunakan sebagai bahan baku usaha yang sedang kami rintis di bidang jahit menjahit. Kami berencana membuat pouch, tas, tempat pensil dll. Saat ini Alfi juga sedang giat belajar menjahit sehingga bisa cepat mengajari teman dan adik kelasnya. Alfi juga masih bekerja sampingan sebagai sosial media admin dari usaha salah satu teman saya dan mendapatkan tambahan penghasilan untuk membantu keluarganya. Hebatnya dia tetap menjadi yang terbaik dikelas dengan segala kesibukannya. Berikut beberapa dokumentasinya kegiatan saya bersama Alfi :

Nah untuk itulah kali ini saya ingin memberikan kado ulang tahun ke-17 untuk Alfi yang berulang tahun di bulan Oktober ini. Saya berencana membelikan Alfi sepatu. Karena saya sedang cuti melahirkan dan masih memberi ASI, saya ga sempat keluar mencari kado untuknya. Tapi saya pasti mau beli di tempat yang aman dong… apalagi belanja online itu kadang bikin khawatir karena keamanannya. Banyak temen yang sering cerita tertipu toko online. Makanya saya pilih yang pasti-pasti aja deh. Mau tau caranya? saya tinggal buka aplikasi Bukalapak di hp saya. Mengapa saya lebih memilih aplikasi dibanding via webnya? karena waktu saya masih lebih banyak buat menyusui maka saya cari cara yang lebih praktis dan gampang. Sambil menyusui, saya tinggal buka aplikasi Bukapalak di hp, transfer via mobile banking via hp dan tinggal tunggu deh barangnya datang..

Ini nih tahapannya belanja aman dan cepat via Bukalapak. Pertama instal aplikasi Bukalapak dulu dong pastinya, yang sudah tersedia baik di Android maupun di iOS. Begini tampilan aplikasi Bukalapak di hp saya, yang ditunjukkan dengan huruf BL yang besar.

Tampilan aplikasi Bukapalak

Tampilan aplikasi Bukapalak

Kemudian klik, selanjutnya kita masuk ke tampilan home dari Bukalapak. Kemudian klik menunya di bagian kiri atas. Disana ada kategori, barang diskon, cek status transaksi, hubungi kami, login dan register. Nah, buat yang udah punya akun sebelumnya tinggal login dan yang belum punya akun tinggal register aja. Gampang banget ko caranya. Selanjutnya klik kategori untuk memilih barang yang akan kita beli. Kemudian klik fashion karena sepatu masuk kategori tersebut. Selanjutnya klik wanita, karena saya mencari sepatu wanita. Kemudian pilih sepatu. Disana ada menu filter dimana kita bisa memfilter seperti apakah kita hanya mencari barang dari top seller atau tidak, barang diskon atau tidak, range harga dll. Selanjutnya pilih sepatu yang aka kita beli. Jujur saya bingung awalnya, karena bagus-bagus banget. Namun akhirnya saya menjatuhkan pilihan pada sepatu hitam polos karena cocok digunakan untuk anak yang masih sekolah. Kemudian klik beli deh. Selanjutnya mengisi alamat pengiriman, yang lengkap ya dan jika ada catatan untuk penjual bisa diisi, seperti saya yang memesan sepatu no.38.

Tahapan berikutnya adalah memilih metode pembayaran. Saya pilih transfer bank, kemudian klik lanjut. Disana ada pilihan BukaDompet juga. BukaDompet adalah sebuah dompet virtual (e-wallet) yang dimiliki setiap pengguna Bukalapak guna menyimpan dana hasil penjualan (remit) dan dana hasil pengembalian (refund) transaksi. Jadi saya pernah membeli buku di Bukalapak.com, karena barangnya kosong, Bukalapak memberikan pilihan mau ditransfer balik atau di simpan di BukaDompet. Nah, saya pilih di transfer balik dan wuih cepet banget loh baliknya. So, ga perlu khawatir uangnya ga balik karena Bukapalak mempunyai rekening bersama dimana sistem otomatis mendeteksi dan mengembalikan (refund) dana ke pembeli jika dalam 3 hari penjual tidak mengirim barang. Penjual menerima dana pembayaran setelah pembeli terima barang sehingga jika penjual tidak mengirim barang, dana pembeli tetap aman dan dapat dikembalikan 100%. Jadi aman banget kan? Langkah terakhir adalah klik selanjutnya dan kemudian ditampilkan no order kita dan no rekening Bukapalak, disana ada beberapa pilihan no rekening bank. Pilih salah satu, trus transfer dan tunggu pesenan kita datang. Gampang kan? 🙂 

Berikut kira-kira step belanja menggunakan aplikasi Bukalapak :

Nah gampang banget kannn.. kannn..? belanja di Bukapalak juga cepet banget loh, karena pembeli dapat langsung membayar tanpa harus menghubungi penjual melalui rekening bersama. Dua hari kemudian pesanan saya datang.. wuih cepat sekali dan kemudian saya memanggil Alfi kerumah karena saya belum bisa keluar rumah. Ketika saya memberikan kadonya dia senang sekali. Dia membuka kadonya dan mencobanya dan ukurannya cukup. Senangnya saya bisa sedikit memberikan kebahagiaan untuknya. Meskipun mungkin ga seberapa jika dibandingkan dengan pengorbannya membantu saya selama ini. Berikut beberapa ekspresi kebahagiannya :

Kami juga berbincang tentang progres usaha menjahit kami. Saya bilang pada Alfi tentang rencana menjual produk-produk kami di Bukalapak. Kami akan menjual pouch, tas, tempat pensil dll. Berikut beberapa alasan mengapa kami ingin sukses berjualan di Bukalapak :

Keuntungan buka lapak di Bukalapak

Keuntungan buka lapak di Bukalapak

  1. Notifikasi SMS setiap ada pesanan : Pelapak akan mendapatkan SMS (jaringan GSM) setiap ada pesanan. Pelapak bisa fokus jualan online tanpa buang-buang waktu melayani calon pembeli yang tidak serius.
  2. Feedback positif setiap transaksi sukses : Pelapak akan mendapatkan feedback positif secara otomatis dari sistem walaupun pembeli tidak memberikan feedback saat transaksi.
  3. Kepastian menerima uang pembayaran : Pelapak langsung menerima uang pembayaran setelah pembeli mengkonfirmasi penerimaan barang atau 1×24 jam setelah barang terkirim menurut kurir.
  4. Prioritas di mesin pencarian : Setiap halaman barang pelapak telah melalui proses SEO (Search Engine Optimization) agar tampil lebih unggul di mesin pencarian seperti Google dan lainnya.
  5. Perhitungan ongkos kirim otomatis : Pelapak tidak perlu repot menghitung ongkos kirim karena sistem akan otomatis menghitung ongkos kirim yang harus dibayar oleh pembeli.
  6. Edukasi Kewirausahaan Online : Bukalapak terus membangun semangat kewirausahaan kepada pelapak dan pembeli dengan memberikan tips dan trik jualan online.

Doakan lancar yaa.. ini beberapa dokomentasi produk yang akan kita jual.

So, ga susah kan belanja dan jualan di Bukalapak? kalo menurut saya sih jauh lebih susah DIET sepereti di video berikut.. apalagi DIET setelah melahirkan.. nanti aja deh dietnya setelah menyusui hehe…

Tulisan ini diikutsertakan dalam Bukalapak Blog Competition: Belanja Gampang Cuma Modal Jari!

bukalapak_blogcompetition_640x640

Referensi :

https://blog.bukalapak.com/2013/09/fitur-baru-bukadompet-dompet-virtual-anda/

https://blog.bukalapak.com/2013/05/mengapa-belanja-di-bukalapak-com-aman/

https://www.bukalapak.com/keuntungan_berjualan_online

39 comments

  1. Melly Feyadin says:

    Cuuuuzzzzz, aku blm pernah belanja di BL, tapi pernah ngulik2 aplikasinya di android, liat2 doank beli kagak..hehe.

    oh ya itu pouchnya keren2 ih.
    Sukses ya buat siswa2nya…buat icuz juga ^^

  2. Noe says:

    Eh aku blm pernah belanja di buka lapak, mau coba ah… Tinggal modal jari kan yaa. Capcus cari produknya siswa wirausaha di buka lapak seh

Leave a Reply