Bagaimana Mempersiapkan Pendidikan Anak di Era Digital?

Sun Life Edufair 2016

Sun Life Edufair 2016

Moms, taukah bahwa biaya pendidikan di sekolah favorit meningkat setidaknya 10% setiap tahunnya?

Moms, apakah sudah merencakan pendidikan si kecil dengan memilihkannya sekolah yang tepat?

Moms, taukah bahwa menabung di bank saja tidak cukup untuk mempersiapkan biaya pendidikan sang buah hati? Bahkan nilai uang kita nilainya menurun

Moms, taukah saat ini buah hati kita di kelilingi smartphone dengan berbagai merk, model dan fitur canggih? Apakah kita, sebagai orang tua sudah cukup smart membimbing mereka dalam menggunakannya?

Nah, Sun Life menjawab keresahan kita sebagai orang  tua tersebut dengan menggelar Sun Life Edufair 2016 bertempat di Main Atrium Senayan City tanggal 28-31 Januari 2016. Acara yang di gelar berisi pameran pendidikan dengan menghadirkan 10 lebih sekolah unggulan, story telling, school performance, parenting education dan juga mini education games. Kita juga bisa melakukan konsultasi keuangan dengan financial planner terkait mempersiapkan dana pendidikan untuk buah hati kita. Saya tiba di lokasi sekitar pukul 12.00 dan sudah ramai orang tua yang sedang bertanya-tanya tentang sekolah di booth-booth sekolah seperti Highscope, Binus, Al Fath, SD kupu-Kupu, Sekolah Pembangunan Jaya dan masih banyak lagi.  Setelah melihat-lihat booth sekolah dan diskusi, saya mampir ke booth Sunlife untuk konsultasi seputar biaya pendidikan anak dan bagaimana mempersiapkannya. Saya dibantu oleh Mas Henry selaku financial consultant. Saya bercerita tentang profil keuangan saya termasuk keinginan mencari produk investasi terbaik dari Sunlife. Mas Henry kemudian menjelaskan bahwa memang sebaiknya untuk tujuan pendidikan anak, kita tidak hanya menabung di bank karena bunga bank rata-rata hanya sekitar 3%, jauh dibawah nilai inflasi setiap tahunnya. Selain itu, biaya pendidikan pun naik seiring dengan kenaikan inflasi. Katakanlah 7-10%. Sehingga, jika kita hanya menyimpannya di bank, nilai uang kita justru berkurang. Beliau kemudian menyarankan saya mengambil produk Asuransi Brilliance Hasanah Fortune Plus, 2 point penting yang membuat saya tertarik:

  1. Investasi optimal sejak tahun polis pertama, dimana 60% premi yang Anda bayarkan sudah diinvestasikan pada jenis fund yang dipilih.
  2. Mudah dan praktis. Kita cukup membayar Kontribusi Asuransi Berkala selama 3 tahun dan Polis akan tetap berlaku sampai dengan 12 tahun, selama Nilai Dana Investasi kita cukup untuk membayar biaya-biaya yang timbul sampai dengan Tahun Polis ke-12.

Kemudian saya minta dihitungkan simulai hasil returnnya, dan dengan return menengah saja, dana yang terkumpul 10 tahun kemudian mencapai 100juta lebih. Insya Allah dana tersebut cukup untuk biaya pendidikan Abin, buah hati kami. Nah, untuk keputusannya saya mau diskusi dulu sama Pak Suami 🙂

Diskusi bersama Financial Planner Sun Life

Diskusi bersama Financial Planner Sun Life

Setelah puas berkonsultasi, saya cari food court untuk makan siang dulu. Pilihan saya mentok lagi di Yoshinoya. Hehe. Setelah selesai maksi, saya hunting sekolah lagi. Yang terpenting tanya-tanya metode pembelajarannya dan yang pasti soal biayanya. Salah satu sekolah yang cukup menarik untukku adalah Binus karena doi punya cabang di Bekasi. Tau ga biaya masuk TK nya berapa? 55juta! Ya 55juta dan ada uang bulanan 4,6 juta #Pingsancantikdulu. Hmm, kebayang kan ini biaya tahun 2016, gimana nanti pas jaman Abin masuk dengan asumsi kenaikan 10%?? Tapi sih, Insya Allah kalo kita sejak dini mempersiapkannya, Insya Allah nanti lebih mudah pas anaknya udah mau masuk sekolah.

Sayang nih, Abin masih kecil jadi belum bisa diajak dan bermain edukatif disini. Ada lego, menggambar, mewarnai dan masih banyak lagi. Apalagi si kecil sambil bermain, bisa mengumpulkan cap dan ditukarkan dengan merchandise menarik dari Sun Life. Acara kemudian dimeriahkan oleh penampilan SD Kupu-Kupu dengan permainan angklungnya. Awesome banget permainannya dan mereka mempunyai misi melestarikan budaya tradisional melalui angklung. Di Sunlife Edufair 2016 ada juga lomba foto dengan hadiah jutaan rupiah lo moms! Moga-moga tahun depan ada lagi, dan bisa ngajak Abin! aamiin

Penampilan SD Kupu-Kupu

Penampilan SD Kupu-Kupu

Nah, acara yang juga sangat ditunggu-tunggu adalah sesi diskusi dengan tema “Mengedukasi Anak di Era Digital” bersama Tika Bisono seorang Psikolog dan Evelyn Simanjuntak, VP, Head of Alternative Distribution Channel Sunlife Financial Indonesia. Berikut beberapa poin pentingnya :

  • Kata Mb Tika saat ini banyak orang tua yang lebih perhatian ke gadget daripada ke anak. Sampai pernah ada puisi viral yang judulnya andai aku gadget.
  • Sebenarnya banyak manfaat dari gadget buat anak seperti sebagai sumber informasi, melatih motorik kasar dll.
  • Usia di bawah 5 tahun adalah usia bermain, main sama orang ya bukan gadget.
  • Tika Bisono bilang untuk bisa mendidik anak dengan bijak di era digital harus dimulai dari ortunya.
  • Kuncinya memberikan gadget ke anak adalah pemberian rasa percaya dan tanggung jawab.
  • Digital penting untuk pendidikan anak dan orang tua harus mau belajar menggunakannya.
  • Terkadang pengalaman orang tua lebih baik dari internet.
  • Experimental learning juga mengasah panca indra.
  • Gadget hanya alat bantu, tidak bisa menggantikan manusia.
  • Kunci monitoring anak adalah dengan tidak mengintrograsi dan menjadi musuhnya.
  • Yuk persiapkan pendidikan anak sedini mungkin.
  • Cybercrime kadang terjadi karena overexpose.. hati2 ya ^^
Diskusi bersama Mb Tika&Evelyn

Diskusi bersama Mb Tika&Evelyn

Waah banyak banget ya PR kita moms, tapi tetep semangat ya. Jadi kalo boleh kasi saran, berikut hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pendidikan anak : Persiapkan dananya dengan asuransi dan investasi, pilih sekolah yang sesuai dengan nilai yang kita anut, banyak mencari informasi tentang program sekolah yang ingin kita masuki dan bandingkan, ajak anak sedini mungkin bijak dalam menggunakan gadget yang tentunya dimulai dari kita sendiri 🙂

Bersama moms keren ^^

Bersama moms keren ^^

Terima kasih Sun Life 🙂

4 comments

Leave a Reply