Aksi Sosial Samsung di MAN 2 Bekasi, Wujud Nyata Peduli Pendidikan

Pada tanggal 23 November lalu bertempat di MAN 2 Bekasi saya menghadiri acara press con Samsung Employee Volunteering. Kegiatan ini merupakan kerja sama antara Samsung Electeronics Co. Ltd bersama Samsung Electronics Indonesia (SEIN). Kegiatan ini dilaksanakan selama 4 hari mulai dari 20 -24 November 2016.

whatsapp-image-2016-11-30-at-07-37-24

Melalui program Employee Volunteer ini para karyawan Samsung melakukan aksi sosial dengan cara berbagi keterampilan di bidang IT dengan memberikan pelatihan excel, mengecet dan membuat mural dan juga belajar tentang budaya korea. Selain itu diserahkan juga bantuan untuk para pengajar berupa tablet untuk menunjang proses KBM. IT infrastruktur juga di berikan, yaitu berupa beberapa unit komputer.

whatsapp-image-2016-11-30-at-07-35-17

Seperti yang saya lihat, para karyawan terlihat asyik mengecat dan membuat mural sehingga membuat dinding lebih rapi. Bahkan tak segan Vice Presiden PT SEIN, Kang Hyun Lee turun tangan langsung untuk mengecat. Selain itu , volunteer yang berasal dari Samsung Electronics Co.Ltd juga memberikan keterampilan kepada siswa untuk membuat layang – layang khas Korea Selatan, yakni Bang-Pae Yeon yang Gaori Yeon yang berbentuk ikan pari.

Mr Lee sedang mengecat

Mr Lee sedang mengecat

Mr Lee mengatakan sangat senang mengadakan kegiatan bermanfaat di MAN 2 Bekasi, karena kegiatannya tidak sekedar memberikan donasi tapi juga mengempower sumber daya manusia, yaitu dengan memberikan pelatihan-pelatihan. Untuk menunjang proses KBM, bantuan infrastruktur juga di berikan dan menurut Kepala Sekolah MAN 2 , Ahmad Syaekhu memang alat-alat sangat dibutuhkan oleh pihak sekolah. Apalagi di MAN 2 Bekasi, belum mempunyai laboratorium yang representatif untuk belajar.

Para guru sedang mencoba Galaxy Tab

Para guru sedang mencoba Galaxy Tab

Saya sempat mewawancarai Mr Lee pada kesempatan tersebut. Mr Lee mengatakan bahwa Samsung Coorporate Citizenship Program di Indonesia  berfokus pada 3 hal, yaitu : Pendidikan, Kesehatan dan Pembangunan Masyarakat. Bidang pendidikan misalnya, Samsung rutin memberikan beasiswa kepada mahasiswa berprestasi di 8 Universitas. Selain itu mereka juga mendirikan Rumah Belajar, bekerja sama dengan YCAB dan yang terbaru mendirikan Smart Library di 3 tempat (Kota Casablanca, ITB dan rencana di UGM). Di bidang kesehatan, Samsung memberikan peralatan hospitality, training dokter di RSCM dan RS Airlangga. Untuk bidang pembangunan masyarakat, Samsung memberikan akses sehingga masyarakat bisa memperoleh pendapatan. Misalnya di Lombok, mereka bekerjasama dengan koperasi untuk mengembangkan usaha tenun dan rencananya tahun depan di Padang dan Kalimantan.

This entry was posted in News.

One comment

Leave a Reply